Sukses

BMKG Tarik SMS Peringatan Tsunami dan Gempa 8,5 Magnitudo yang Bikin Panik Warga

Pesan tersebut dikirim kepada masyarakat yang berisi peringatan dini gempa disertai tsunami di sejumlah wilayah Jawa, Bali, hingga NTT.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah pesan berisi peringatan dini tsunami dan gempa di sejumlah wilayah Jawa, NTB, Bali, hingga NTT pada 4 Juni 2021 yang dikirim melalui sms oleh pengirim pesan yang mengatasnamakan KominfoBMKG.  

"Peringatan Dini Tsunami di JATIM,NTB,BALI,NTT,JATENG, Gempa Mag:8.5, 04-Jun-21 10:14:45WIB, Lok:10.50LS,114.80BT,Kdlmn:10Km::BMKG,” tulis pesan tersebut yang diterima Kamis (27/5/2021). 

Tak lama setelah itu, pengirim pesan langsung meralat pesan tersebut. 

"Mohon maaf terjadi kesalahan system pengiriman TEST--Peringatan Dini Tsunami di JATIM,NTB,BALI,NTT,JATENG,...::BMKG,” tulis dalam pesan lanjutan yang kembali dikirim.

Sementara itu, saat dikonfirmasi, BMKG membenarkan kalau pengirim pesan tersebut karena kesalahan sistem. 

"Mohon maaf pak, ada error di sistem kami, saat ini sedang kami telusuri. Sekali lagi mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” ucap BMKG melalu akun media sosialnya. 

BMKG juga berjanji akan memberi penjelasan terkait beredarnya pesan yang dikirim melalui SMS itu.

"Kami akan membuat rilis terkait beredarnya pesan tersebut,” tulis BMKG. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.