Sukses

PDIP Jalani Perintah Harian Megawati, Gelar Simulasi Penanganan Bencana

Hasto Kristiyanto mengatakan pihaknya telah menggelar simulasi penganan bencana bersama Basarnas, BMKG, BNPB.

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan pihaknya telah menggelar simulasi penganan bencana bersama Basarnas, BMKG, BNPB, serta Dinas Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian ESDM pada Rabu 26 Mei 2021 kemarin.

Dia menjelaskan, hal ini adalah bagian dari perintah harian Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Pelaksanaan simulasi tersebut di beberapa wilayah juga bekerja sama dengan aparat TNI dan Polri, mengingat kedua institusi negara tersebut memiliki rantai komando dan kekuatan organisasi berdisiplin tinggi yang terbukti selalu pertama dan terdepan di dalam penanganan tanggap darurat bencana," kata Hasto dalam keterangannya, Kamis (27/5/2021).

Seperti contoh misalnya di Kabupaten Tidore dan Kepulauan Riau dilakukan simulasi bencana akibat gempa bumi. Di Boyolali dan Pekalongan simulasi bencana akibat kebakaran. Kemudian di Kabupaten Ngawi Jawa Timur simulasi bencana akibat banjir.

Di Lampung Tengah dilakukan simulasi bencana akibat kebakaran hutan. Simulasi juga dilakukan di Sulawesi Utara, Kota Bogor, Indramayu dan beberapa wilayah lainnya.

"Pada prinsipnya, setiap daerah melakukan simulasi penanganan bencana sesuai dengan potensi bencana yang terjadi di wilayah tersrsebut," ungkap Hasto.

Dia menjelaskan, PDIP menggelar ini semata-mata untuk membangun kesadaran terhadap bahaya bencana dan bagaimana melakukan mitigasinya.

"Simulasi penanganan bencana tersebut sangat penting guna membangun kesadaran masyarakat terhadap bahaya bencana dan bagaimana langkah preventif dan mitigasi bencana dilakukan guna meminimalkan korban sekecil mungkin," kata Hasto.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Satu-Satunya Partai

Hasto menuturkan, dengan hal ini, PDIP tercatat sebagai satu-satunya partai yang memiliki satuan khusus penanganan bencana yang terlatih melalui Badan Penanggulangan Bencana dan menampilkan wajah politik yang mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan dan gotong royong.

"Setiap tanggal 26 setiap bulan, PDI Perjuangan mengajak seluruh komponen masyarakat untuk terlibat dalam simulasi penanganan bencana," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.