Sukses

Wagub DKI Sebut Covid-19 di Jakarta Mulai Melandai

Riza Patria berharap, tidak ada peningkatan kasus Covid-19 yang signifikan imbas libur Lebaran 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memastikan ketersediaan tempat tidur untuk pasien Covid-19 di rumah sakit ibu kota mencukupi. Dia mengatakan bahwa pemerintah terus berupaya mengurangi beban rumah sakit, sehingga kesejahteraan tenaga kesehatan terjamin.

Selain itu, kata Riza, Pemprov DKI akan meningkatkan jumlah testing dan tracing dengan mengerahkan seluruh petugas dari tingkat RT untuk penanggulangan Covid-19 di Jakarta.

"Kami terus mengupayakan peningkatan sarana dan prasarana, meningkatkan nakes dan SDM juga. Di tingkat RT, tidak hanya Satgas tapi Puskesmas juga melakukan rapid test," kata Riza saat ditemui wartawan di Raden Bahari Restaurant and Ballroom, Jakarta Selatan, Rabu (26/5/2021).

Riza kemudian menyebutkan data terkini jumlah keterisian tempat tidur pasien Covid-19 di Jakarta. Kata dia, jumlahnya pekan ini menurun. Begitu pula keterisian tempat tidur ICU dan hotel yang dijadikan tempat karantina pasien Covid-19.

"Jumlah tempat tidur ada 6.564, baru terpakai 1.917 jadi baru 29 persen. ICU ada 1.017 bed, terpakai 314 bed, turun 102 bed. Hotel juga turun, ada 9, turun terus jadi 20,9 persen (keterisiannya)," ungkapnya.

Data-data tersebut, kata Riza, menunjukkan bahwa tren Covid-19 di Jakarta semakin baik. Dia mengharapkan kondisi baik ini bisa bertahan seterusnya.

Meskipun efek libur panjang Lebaran 2021 baru akan terlihat pekan depan, Riza berharap tren kasus Covid-19 di Indonesia, khususnya di Jakarta terus turun, diiringi dengan semakin banyaknya masyarakat yang divaksinasi

"Ini (kondisi) baik ya, mulai melandai Covid di Jakarta. Untuk itu kita berharap 1-2 minggu ke depan tidak ada peningkatan signifikan akibat libur panjang mudik," harapnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Statistik Kasus Covid-19 di Jakarta

Seperti yang diketahui, per 25 Mei 2021 kemarin, kasus harian Covid-19 di DKI Jakarta menempati urutan keempat. Jumlahnya ada penambahan 384 kasus.

Di urutan pertama, diduduki oleh Provinsi Jawa Barat dengan penambahan harian sebanyak 1.024 kasus, disusul Jawa Tengah 696 kasus, dan Riau 642 kasus.

Tes PCR di Jakarta memang terus meningkat, berdasarkan data yang dilaporkan Dinas Kesehatan DKI Jakarta 25 Mei 2021, rata-rata tes PCR total per 1 juta penduduk di mencapai 368.192.

Jumlah orang yang dites PCR sepekan terakhir sebanyak 59.726. jumlah kasus aktif di Jakarta juga menurun 136 kasus, sehingga jumlah kasus aktif sampai hari ini sebanyak 10.480.

Sehingga, persentase kasus positif sepekan terakhir di Jakarta sebesar 8,9 persen, sedangkan persentase kasus positif secara total sebesar 10,9 persen. WHO juga menetapkan standar persentase kasus positif tidak lebih dari 5 persen.

 

Reporter: Riffa Yusya Adilah

Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Infografis Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.