Sukses

Perayaan Waisak 2021, Anies Apresiasi Tema Walubi untuk Persatuan Indonesia

Anies Baswedan mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara yang beragam, mulai dari suku, bahasa, hingga budayanya.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi tema perayaan Waisak 2021 yang diusung Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi), yakni membangkitkan semangat persatuan di Indonesia.

Anies Baswedan mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara yang beragam, mulai dari suku, bahasa, hingga budayanya.

"Karena itulah kita harus mengusahakan persatuan. Karenanya saya sering menggarisbawahi, yang unik dari lndonesia bukan bhinekanya, karena banyak bangsa lain lebih bhineka dari Indonesia," kata Anies di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (26/5/2021).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyebut, keragaman merupakan sebuah ciptaan Tuhan, namun persatuan adalah usaha sesama manusia.

Kata Anies, persatuan yakni perasaan kesetaraan, kebersamaan, hingga bekerja bersama-sama. Seperti halnya keberagaman yang ada di Ibu Kota.

"Kami di DKI Jakarta mengikhtiarkan itu karena kami percaya bahwa Jakarta adalah bhinneka, Jakarta adalah beragam dan tugas kita adalah menghadirkan perasaan persatuan, menghadirkan perasaan kebersamaan," ujar dia.

Kebersamaan yang dimaksud meliputi dalam bidang sosial ekonomi, latar belakang keluarga, agama, hingga suka bangsa. Anies mengharapkan persatuan terus diupayakan di Jakarta.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantuan Operasional Tempat Ibadah

Anies menuturkan, saat ini Pemprov DKI Jakarta terus mendorong adanya kesetaraan di masyarakat. Salah satunya yakni program bantuan operasional tempat ibadah (BOTI).

"Dan kita lakukan juga lewat pembangunan taman, pembangunan trotoar, pembangunan tempat tempat di mana kita merasakan kesetaraan lintas status, ikhtiarnya apa, iya merasakan kita punya kesamaan," jelas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.