Sukses

PDIP: Selamat Hari Raya Waisak, Mengalirlah Darma untuk Setiap Makhluk

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengucapkan selamat Hari Trisuci Waisak 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengucapkan selamat Hari Trisuci Waisak 2021. PDIP Perjuangan berharap, perayaan Waisak ini dapat menebar kebaikan melalui darma.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan Hari Raya Waisak mengingatkan pada tiga peristiwa suci dalam kehidupan Buddha Gautama, yaitu kelahiran, pencapaian pencerahan sempurna, dan kemangkatan Sang Buddha.

"Tiga peristiwa suci itu terjadi pada hari purnama sidi, bulan Waisak. Bulan purnama yang menyertai peringatan Trisuci Waisyak penuh tradisi kontemplasi yang semakin memperkuat spiritualitas bangsa. Nusantara adalah negeri spiritual yang begitu kaya dengan tradisi yang begitu hidup guna menjabarkan kehendak Sang Pencipta dalam kehidupan anak bangsa yang toleran, dan kedepankan semangat ber-bhinneka tunggal ika," kata dia dalam keterangan, Rabu (26/5/2021).

Hasto menyebut, PDIP  sebagai rumah kaum nasionalis, menjadikan prinsip Ketuhanan Yang Maha Esa untuk dipraktikkan bersama dengan prinsip lainnya, khususnya kemanusiaan, persatuan-kebangsaan, musyawarah-mufakat, dan keadilan sosial.

"Dalam setiap peringatan hari besar agama, termasuk Trisuci Waisak, keseluruhan aspek kemanusiaan diekspresikan guna meneladani sifat Tuhan dalam kehidupan berbangsa. Karena itulah agama selalu mengajarkan kebaikan dan menjauhkan menjauhkan berbagai bentuk kekerasan," ungkapnya.

Dalam agama Buddha, kata Hasto, ada ajaran untuk mempersatukan, bukan memecah belah bangsa.

"Agama juga menjauhkan diri dari berbagai tindakan yang memecah belah bangsa. Sebaliknya agama mengajarkan welas asih, budi pekerti, kerendahan hati, dan hasrat untuk selalu berbuat kebaikan bagi kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara. Selamat merayakan Trisuci Waisak," tandas Hasto.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hari Raya Waisak di Tengah Pandemi, Jokowi: Akan Ada Terang Usai Gelap

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan selamat Hari Raya Trisuci Waisak bagi umat Buddha yang merayakannya. Perayaan kali ini adalah tahun kedua di tengah pandemi Covid-19.

"Untuk saudara-saudaraku umat Buddha, Tri Suci Waisak pada hari ini tiba saat dunia masih dicengkeram pandemi," kata Jokowi seperti dikutip dari akun Instagram pribadinya @jokowi, Rabu (26/5/2021).

"Kita semua percaya, selalu akan ada cahaya terang sesudah kegelapan, selalu ada kemudahan yang datang setelah kesulitan," harap Jokowi.

Dia juga mendoakan, agar seluruh umat manusia bisa berjalan bersama dalam damai dan tenang pada perayaan Hari Raya Waisak ini.

"Semoga kedamaian dan ketenangan senantiasa bersama kita semua," tandas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.