Sukses

Top 3 News: Dicopotnya Doni Monardo dari Jabatan Kepala BNPB

Letjen TNI Doni Monardo memasuki masa pensiun sehingga posisinya sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) digantikan Letjen TNI Ganip Warsito.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait digantinya Letjen TNI Doni Monardo sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Posisinya di BNPB digantikan oleh Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen Ganip Warsito. Penggantiannya juga telah resmi dilakukan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Selasa, 25 Mei 2021.

Dikonfirmasi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, posisi Doni Monardo diganti lantaran dirinya memasuki masa pensiun di kemiliteran.

Sementara itu, pukul 10.31 WIB pada Selasa 25 Mei 2021, gempa bermagnitudo 2,9 sempat menggetarkan Palu, Provinsi Sulawesi Tengah.

Berdasarkan informasi yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui laman www.bmkg.go.id, gempa terjadi di kedalaman 7 KM pada koordinat 0.86 Lintang Selatan-119.85 Bujur Timur.

Kemudian, berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah 51 orang dari 75 pegawai yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) dipecat dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kabar tersebut disampaikan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata.

Menurut Alex, berdasarkan penjabaran dari penguji tes wawasan kebangsaan saat rapat, 51 pegawai KPK tersebut tidak lagi dapat dilakukan pembinaan. Sementara 24 lainnya masih dapat menjalani diklat penentuan layak tidaknya menjadi ASN.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Rabu, 25 Mei 2021:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahanto: Doni Monardo Diganti Letjen Ganip Warsito karena Pensiun

Jabatan Doni Monardo sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan diganti. Hal itu dikonfirmasi oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Selasa, 25 Mei 2021.

Doni diganti lantaran dirinya memasuki masa pensiun di kemiliteran. Posisinya di BNPB akan digantikan oleh Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen Ganip Warsito.

"Ya, benar, karena Pak Doni akan pensiun pada 1 Juni 2021 sehingga harus diganti oleh perwira tinggi TNI yang aktif," ujar Hadi.

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

Gempa Magnitudo 2,9 Mengguncang Palu

Gempa bumi dengan magnitudo 2,9 mengguncang Palu pada Selasa, 25 Mei 2021 pukul 10.31 WIB.

Berdasarkan informasi yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui laman www.bmkg.go.id, gempa terjadi di kedalaman 7 KM pada koordinat 0.86 Lintang Selatan-119.85 Bujur Timur.

Pusat gempa diketahui berada di laut, 5 kilometer (km) arah Barat Laut Palu.

 

Selengkapnya...

4 dari 5 halaman

Alasan KPK Pecat 51 Pegawai Tak Lolos TWK: Mereka Tidak Bisa Dibina

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata, menyampaikan bahwa hasil rapat koordinasi memutuskan 51 orang dari 75 pegawai yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) dipecat dari lembaga antirasuah.

"Yang 51 tentu karena sudah tidak bisa dilakukan pembinaan, tentu tidak bisa bergabung lagi dengan KPK," tutur Alex di Gedung Badan Kepegawaian Negara (BKN), Cililitan, Jakarta Timur, Selasa, 25 Mei 2021.

Menurut Alex, berdasarkan penjabaran dari penguji tes wawasan kebangsaan saat rapat, 51 pegawai KPK tersebut tidak lagi dapat dilakukan pembinaan. Sementara 24 lainnya masih dapat menjalani diklat penentuan layak tidaknya menjadi ASN.

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Kepala BNPB Doni Monardo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.