Sukses

KPK: 24 Orang dari 75 Pegawai Tak Lolos TWK Masih Bisa Jadi ASN

Keputusan soal nasib 75 pegawai KPK yang tak lolos TWK itu telah dibahas bersama MenPAN-RB, Menkumham, dan Kepala BKN.

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kelar melaksanakan rapat koordinasi bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) terkait dengan nasib 75 pegawai yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK).

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menyampaikan, hasil dari rapat tersebut memutuskan bahwa 24 pegawai masih dimungkinkan menjadi ASN.

"Dari hasil pemetaan asesor dan kemudian kita sepakati bersama dari 75 itu dihasilkan bahwa ada 24 pegawai dari 75 tadi yang masih dimungkinkan dilakukan pembinaan sebelum diangkat menjadi ASN," tutur Alex di Gedung BKN, Cililitan, Jakarta Timur, Selasa (25/5/2021).

Menurut Alex, 24 orang tersebut mesti menjalani pendidikan dan wawasan kebangsaan bela negara. Program diklat tersebut wajib secara resmi ditandatangani sebagai bukti kesediaan.

"Setelah selesai jika yang bersangkutan tidak lolos, tidak bisa diangkat menjadi ASN," jelas dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hasil Diskusi dengan Pihak Lain

Alex menegaskan, keputusan ini merupakan hasil diskusi bersama berbagai pihak. Hal tersebut menjadi salah satu upaya peningkatan kualitas pegawai KPK ke depannya.

"Ini menjadi keputusan bersama, kesepakatan bersama KPK, Kemenpan, KSN, BKN, LAN, Kumham," Alex menandaskan.

3 dari 3 halaman

Infografis Novel Baswedan, Perlawanan 75 Pegawai KPK

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.