Sukses

Doni Monardo Pensiun, Siapa Jabat Ketua Satgas Covid-19?

Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito sudah resmi menggantikan Letjen TNI Doni Monardo, sebagai kepala BNPB. Lantas siapa yang menjadi Ketua Satgas Covid-19?

Liputan6.com, Jakarta - Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito sudah resmi menggantikan Letjen TNI Doni Monardo, sebagai kepala BNPB. Pelantikan tersebut l dilangsungkan di Istana Negara hari ini, pukul 10.30 WIB.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengungkapkan, Doni diganti lantaran ia akan memasuki masa pensiun di kemiliteran. "Ya, benar, karena Pak Doni akan pensiun pada 1 Juni 2021 sehingga harus diganti oleh perwira tinggi TNI yang aktif," ujar Hadi, Selasa (25/5/2021).

Pelantikan Letnah Jenderal TNI Ganip Warsito berlangsung di Istana, Jakarta. Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin langsung acara pelantikan tersebut. Mengucap janji sumpah jabatan, Ganip mengaku siap mengabdi dan mengemban tugas sebagai kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB).

Lalu dengan pergantian Doni Monardo, pada siapakah tongkat estafet ketua satgas Covid-19 diemban?

Mengonfirmasi hal tersebut, Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, bahwa jabatan tersebut akan pula berganti seiring bergantinya kepala BNPB.

"Ketua Satgas Covid-19 adalah Kepala BNPB," kata Wiku saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (25/5/2021).

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tertuang dalam Aturan

Diketahui, aturan tersebut juga tertuang dalam Keputusan Ketua Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Nomor 1 Tahun 2020.

"Pasal 2 poin kedua huruf a, menyatakan bahwa Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) adalah Ketua (Satgas Covid-19)," tulis aturan yang ditandatangani oleh Airlangga Hartarto sebagai ketua komite.

Dengan demikian, artinya secara langsung selain menjabat sebagai kepala BNPB, Ganip juga akan menjabat sebagai ketua Satgas Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.