Sukses

Letjen Ganip Warsito Resmi Dilantik Jadi Kepala BNPB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Letnan Jenderal (Letjen) TNI, Ganip Warsito sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Letnan Jenderal (Letjen) TNI, Ganip Warsito sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Ganip Warsito menggantikan posisi Letjen Doni Monardo.

Pelantikan berlangsung pukul 10.00 WIB di Istana Negara, Jakarta, Selasa (25/5/2021). Ganip dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 79 P Tahun 2021 tentang Pengangkatan Kepala BNPB. Ganip pun akan mendapatkan hak keuangan dan fasilitas setingkat menteri. Keputusan ini ditetapkan pada 24 Mei 2021 yang ditandatangani oleh Presiden Jokowi.

Presiden melakukan pengambilan sumpah jabatan kepada Ganip yang didampingi rohaniwan. Dalam pelantikan itu, Ganip bersumpah akan setia kepada UUD 1945 dan akan menjalankan segara aturan perundang-undangan selurus-lurusnya.

"Saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggungjawab," kata Ganip mengikuti ucapan Jokowi.

Sebelum dilantik, Letjen Ganip Warsito mengemban tugas sebagai Kepala Staf Umum Tentara Nasional Indonesia.

Pria kelahiran di Magelang, Jawa Tengah pada 23 November 1963 ini mengawali karirnya saat lulus pendidikan Akademi Militer di tahun 1986. Ganip kemudian bergabung di divisi infanteri hingga mengemban amanat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan.

Jabatan Ganip Warsito sebagai Kasum TNI baru dijalaninya selama tiga bulan, usai Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melantiknya pada 1 Februari 2021.

Diketahui, selain menjabat sebagai Pangkogabwilhan III, Ganip juga pernah diamanatkan sebagai Pangdam XIII/Merdeka, dan Asops Panglima TNI.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejumlah Tanda Jasa

Dari informasi dihimpun, sejumlah brevet dan tanda jasa berhasil diraihnya. Berikut rentetan penghargaan Ganip selama pengabdiannya di TNI sejak tahun 1986:

Tanda Jasa

Bintang Yudha Dharma Pratama (2020)

Bintang Yudha Dharma Pratama

Bintang Kartika Eka Paksi Pratama

Bintang Yudha Dharma Nararya

Bintang Kartika Eka Paksi Nararya

Brevet

Brevet Cakra Kostrad

Brevet Pemburu

Brevet Para Raider

Brevet Jump Master

Brevet Taipur

Brevet Pelatih

Brevet Tank Kavaleri

Brevet Parachutist Thailand

Brevet Armed

Brevet Pertempuran Hutan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.