Sukses

Cegah Kebocoran Berulang, PAN Minta DPR Segera Sahkan RUU Perlindungan Data Pribadi

Ketua Fraksi PAN di DPR RI Saleh Daulay mendesak agar BPJS Kesehatan memberikan transparansi soal dugaan kebocoran ratusan data kepesertaan BPJS.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Fraksi PAN di DPR RI Saleh Daulay mendesak agar BPJS Kesehatan memberikan transparansi soal dugaan kebocoran ratusan data kepesertaan BPJS. Menurut Saleh, kebocoran data sangat merugikan karena informasi pribadi mereka bisa disalahgunakan.

"Data itu kan harus disimpan secara rapi. Tidak boleh jatuh ke tangan orang yang lain. Apalagi arahnya adalah keuntungan finansial temporal," kritik Saleh melalui keterangan tertulisnya, Senin (24/5/2021).

Saleh meyakini, jika data itu benar bocor, maka bukan tidak mungkin ada pihak yang mau membeli data tersebut. Karenanya, demi mencegah dugaan hal serupa berulang RUU Perlindungan Data Pribadi menurut dia menjadi mendesak.

"RUU perlindungan data pribadi ini sejak awal kan diarahkan untuk hal seperti ini. Sekarang malah sudah ada kebocoran. Sementara UU-nya belum disahkan," dorong Saleh.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Segera Sahkan RUU Perlindungan Data Pribadi

Saleh berharap, jika RUU itu dapat disahkan segera, maka data masyarakat dapat lebih terlindungi demi kepentingan masyarakat luas.

"Untuk segera disahkan. Jika ada persoalan, perlu segera diselesaikan lintas fraksi dan pemerintah," dia menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.