Ada Uji Coba Road Bike di JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang, Ini Rekayasa Lalinnya

Oleh Yopi Makdori pada 22 Mei 2021, 20:45 WIB
Diperbarui 22 Mei 2021, 20:45 WIB
Pemotor Lewat JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang
Perbesar
Pengendara sepeda motor melaju di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang, Jakarta, Kamis (12/3/2020). Ditlantas Polda Metro Jaya berencana menerapkan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) dalam waktu dekat di JLNT itu. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan melaksanakan Uji Coba Road Bike di Jalan Layang Non-Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang pada Minggu, 23 Mei 2021 mulai pukul 05.00-08.00 WIB.

Untuk menunjang pelaksanaan uji coba tersebut, Dishub DKI Jakarta akan menerapkan rekayasa lalu lintas di JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo, Sabtu (22/5/2021).

"Jalan Layang Non Tol Kampung Melayu-Tanah Abang difungsikan sebagai road bike sampai dengan putar balik arah Barat-Barat di bawah flyover Dr. Saharjo," katanya.

Adapun pengalihan arus kendaraan dari Tanah Abang menuju Kampung Melayu dapat melalui Jalan KH Mas Mansyur - Jalan Dr Satrio - Jalan Raya Casablanca - Jalan Dr Saharjo lalu putar balik Selatan menuju Jalan Abdullah Syafei, dan seterusnya (JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang).

Lebih lanjut, Syafrin menyebut, kendaraan yang akan berputar dari arah Barat di bawah flyover Dr Saharjo dialihkan menuju Jalan Dr Saharjo, lalu berputar arah Selatan di Jalan Dr Saharjo, kemudian berputar arah Utara di depan Balai Sudirman.

Untuk pengalihan arus kendaraan dari Kampung Melayu menuju Tanah Abang dapat melalui Jalan Abdullah Syafei - Jalan Dr Saharjo - berputar arah Utara di depan Balai Sudirman - Jalan Pal Batu Raya - Jalan Raya Casablanca - Jalan Dr Satrio - Jalan KH Mas Mansyur (di bawah JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang).

 

Patuhi Rambu Lalu Lintas dan Petugas di Lapangan

Pemprov DKI Jakarta Uji Coba Jalan Layang Cakung
Perbesar
Rambu khusus jalur pesepeda juga tersedia di Jalan Layang atau Flyover Cakung, Jakarta Timur, Senin (19/4/2021). Pemprov DKI Jakarta melakukan uji coba Flyover Cakung mulai hari ini hingga 21 April mendatang. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Sedangkan, untuk kendaraan yang akan berputar arah Selatan di depan Citywalk Sudirman, dialihkan di bawah flyover Karet Bivak. 

"Kami mengimbau para pengguna jalan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan. Tetap patuhi rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan, dan utamakan keselamatan selama di jalan," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓