Sukses

BMKG: Gempa Blitar Merusak

BMKG menyebut, gempa Blitar yang terjadi pada Jumat malam itu merupakan yang ke-12 dari rentetan gempa merusak yang terjadi di selatan Malang sejak 15 Agustus 1896.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono menilai, gempa bumi yang terjadi di Blitar pada Jumat malam, 21 Mei 2021, tergolong merusak.

Berdasarkan catatan yang dimiliki BMKG, kerusakan ringan terjadi pada banyak bangunan rumah warga dan fasilitas umum akibat gempa yang dimutakhirkan berkekuatan magnitudo 5,9 itu.

"Kerusakan di berbagai daerah di Jawa Timur seperti Kabupaten Malang, Kabupatem Blitar, Kabupatem Lumajang, Kota Malang, Kabaupaten Pasuruan," kata Daryono melalui pesan singkat diterima, Sabtu (22/5/2021).

Meski bersifat merusak, Daryono menegaskan bahwa gempa tidak berpotensi tsunami berdasarkasn hasil pemodelan BMKG. Sebab diketahui, hiposenter gempa cukup dalam dengan magnitudo yang relatif kecil untuk dapat mengganggu kolom air laut.

"Gempa ini memiliki produktivitas gempa susulan yang lambat karena 21 hingga malam ini (Jumat malam) pukul 23.00 WIB baru terjadi aktivitas gempa susulan (aftershock) sebanyak 4 kali dengan magnitudo berkisat 2,7 dan 3,1," jelas Daryono.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gempa Merusak ke-12

Daryono menambahkan, gempa di Blitar merupakan gempa urutan yang ke-12 dari rentetan gempa merusak di selatan Malang sejak 15 Agustus 1896.

Karenanya, gempa tersebut dinilai Daryono merupakan gempa baru dan bukan gempa susulan dari gempa 6,1 yang terjadi pada 10 April 2021 lalu, meski kedua gempa tersebut sama jenisnya yaitu gempa intraslab.

"Gempa ini merupakan jenis gempa intraslab yang mampu meradiasikan ground motion atau guncangan yang lebih besar dari gempa lain dengan magnitudo sekelasnya," dia menandasi.

3 dari 3 halaman

Infografis Gempa Malang Alarm Bencana Besar Berikutnya?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Blitar adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur
    Blitar adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur

    blitar

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa di Jawa Timur terjadi dalam beberapa tahun terakhir, seperti di Kota Situbondo Kabupaten Situbondo (2018) dan Kota Malang (2021).

    Gempa Jawa Timur

  • Gempa Blitar

  • Gempa Merusak