Sukses

Sandiaga Dorong Pelaku Ekonomi Kreatif Buat Inovasi Selama Pandemi Covid-19

Sandiaga meminta para pengusaha, khususnya pelaku usaha di bidang teknologi digital untuk terus beradaptasi agar tak kalah dengan adanya pandemi covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Pandemi covid-19 membuat sektor pariwisata di Indonesia lumpuh. Indonesia menanggung imbas dari merosotnya industri pariwisata. Dampak itu telah dialami oleh para pelaku UMKM industri jasa pariwisata.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno melihat fenomena itu menjadi tantangan dengan cara menyesuaikan sektor pariwisata di era pandemi covid-19. 

"Justru tantangannya bahwa covid-19 ini memaksakan kita menyesuaikan pariwisata era baru,” papar Sandiaga dalam dalam sesi dialog bersama pelaku usaha ekonomi dan kreatif Malang di Museum Panji Malang, Jumat (21/5/2021).

Sandiaga mengatakan Kemenparekraf meminta sektor wsiata untuk meningkatkan personalize, customize, look and personalize, dan smalin size. 

“Jadi intinya kuantitas sedikit tapi kualitas (pariwisata) meningkat,” ungkap Sandiaga. 

Dia mencontohkan museum Panji Malang dan sentra kreatif di sekitarnya untuk terus meningkatkan pelatihan dan keterampilan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan. 

Sementara itu, Sandiaga, juga meminta para pengusaha, khususnya pelaku usaha di bidang teknologi digital untuk terus beradaptasi agar tak kalah dengan adanya pandemi covid-19. 

"Kita ingin mereka mampu mengambil peluang agar mereka menjadi pengusaha yang naik kelas di masa depan,” tutur dia. 

"Yang kedua, makin yakin kami bahwa covid-19 ini memaksa kita untuk hadir dengan kebijakan yang berkeadilan langsung menyentuh apa yang mereka perlukan. Jadi, program ini kita minta dikawal kita akan pastikan programnya tepat sasaran kepada mereka yang betul-betul membutuhkan,” tambah dia. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dana Hibah Pariwisata

Adapun program yang dicanangkan Sandiaga ialah dana hibah pariwisata. Program bantuan ini merupakan dana hibah dari pemerintah yang akan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada pelaku UMKM. 

"Kami akan meminta masyarakat dan saya akan memastikan bahwa itu akan tepat sasaran berkeadilan untuk masyarakat yang betul-betul membutuhkan sehingga mereka bisa membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.