Sukses

Tracing Kampung Tangguh Jaya, Polisi Tempel 3 Jenis Stiker di Rumah Pemudik

Stiker berwarna kuning dipasang di rumah pemudik yang belum kembali ke Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Kampung Tangguh Jaya besutan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya yang terletak di Kecamatan Makasar, Jakarta Timur masif melakukan tracing terhadap pemudik yang kembali ke Jakarta. Metode pelacakan dengan cara menempelkan stiker di rumah pemudik.

Stiker ditempelkan ke rumah-rumah pemudik yang berada di wilayah Kecamatan Makasar. Stiker berbeda juga ditempelkan ke rumah pemudik yang telah kembali ke ibu kota dan tengah melakukan isolasi mandiri karena terpapar Covid-19.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo dalam kunjungnya di Kampung Tangguh meminta masyarakat bisa mendeteksi dini jika ada masyarakat yang terpapar virus corona.

"Kalaupun ada yang terpapar kita harus mampu dengan segera memisahkan atau mendatakan dan melaksanakan tracing, treatment kepada para pemudik yang terpapar Covid-19. Sehingga kemudian jangan sampai mereka keburu berinteraksi dengan tetangganya baru kemudian diketahui," kata Kombes Sambodo di Kampung Tangguh, Kampung Makasar, Jakarta Timur, Jumat (21/5/2021).

Ada tiga jenis stiker yang dipasang sebagai upaya tracing kepada pemudik. Bagi warga mudik yang belum kembali ke Jakarta, rumahnya akan ditempeli stiker warna kuning.

Di dalam stiker warna kuning itu ada intruksi kepada warga atau pemilik rumah agar segera menghubungi nomor Satgas Covid-19 yang tertera guna melakukan tes kesehatan setelah tiba di Jakarta.

Sedangkan warga yang sudah diperiksa dan dinyatakan negatif, maka rumahnya akan ditempeli stiker warna hijau. Kemudian warga yang positif Covid-19 usai mudik, maka rumahnya akan ditandai dengan stiker merah.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tes Antigen Pemudik yang Tiba di Jakarta

Lebih jauh, Sambodo menyebut pihaknya sudah berusaha melakukan tracing dengan cara melakukan penyekatan dan swab antigen ke para pemudik yang kembali ke Jakarta.

"Pemeriksaan kepada pemudik yang kembali ke Jakarta dilaksanakan berlapis-lapis. Lapis pertama di titik keberangkatan. Jadi sejak awal kita PMJ Kodam Jaya sudah mengimbau pemudik yang kembali ke Jakarta harus membawa surat bebas Covid-19. Saringan keduanya adalah di pintu masuk Jakarta," pungkas Sambodo.

3 dari 3 halaman

Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.