DPR: Terawan Mundur dari Calon Dubes Spanyol

Oleh Liputan6.com pada 20 Mei 2021, 22:25 WIB
Diperbarui 20 Mei 2021, 22:49 WIB
Menkes Terawan Tinjau Kondisi Dua Pasien Positif Corona di RSPI Saroso
Perbesar
mantan Menkes Terawan Agus Putranto. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta DPR RI telah menerima surat presiden terkait permohonan pertimbangan pencalonan duta besar dalam rapat paripurna, Kamis (20/5/2021).

Nama mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto sebelumnya disebut dalam deretan calon duta besar sebagai calon duta besar RI untuk Spanyol. Namun, Anggota Komisi I DPR RI Taufiq R Abdullah menyebut nama Terawan sudah tak ada lagi dalam surat yang hari ini diterima DPR.

"Tadi kan sudah dibacakan di DPR. Dia (Terawan) udah enggak ada di situ (surat presiden)," kata Taufiq kepada wartawan, Kamis (20/5/2021).

Terawan dikabarkan mundur sebagai calon duta besar RI di Spanyol. Taufiq membenarkan hal tersebut.

"Iya. Iya saya dengar (mundur)," kata Taufiq.

Nama Terawan sudah diganti calon lain. Meski begitu, Taufiq mengaku belum tahu siapa.

 

DPR Terima Permohonan Pencalonan Dubes

Sebelumnya Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar menyampaikan pimpinan DPR telah menerima permohonan pencalonan duta besar dari pihak Istana.

Dalam rapat paripurna, Muhaimin menuturkan, DPR telah menerima enam pucuk surat dari Presiden Joko Widodo. Tiga di antaranya mengenai pencalonan duta besar. Surat diterima pada tanggal 7, 27, dan 29 April 2021.

"Perihal permohonan pertimbangan atas pencalonan duta besar luar biasa dan berkuasa penuh negara sahabat untuk Indonesia," ujar Muhaimin dalam rapat paripurna, Kamis (20/5).

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓