Sukses

World Zakat Forum Ajak Negara-Negara Berdonasi Bantu Warga Palestina

Wakil Ketua BAZNAS RI Zainulbahar Noor berharap bantuan yang terkumpul nantinya dapat membantu masyarakat membangun kembali bangunan-bangunan rusak di Palestina.

Liputan6.com, Jakarta - World Zakat Forum (WZF) mengajak semua pihak membantu warga Palestina yang menjadi korban serangan Israel. WZF mengajak 40 negara yang tergabung dalam organisasi ini untuk memberikan bantuan kepada warga Palestina melalui zakat atau donasi.

"World Zakat Forum mengajak realisasi berupa zakat, infak, wakaf, sedekah, serta donasi lainnya untuk membangun Palestina," kata Wakil Sekretaris Jenderal WZF Elnur Salihovic dalam sebuah diskusi secara virtual, Rabu (19/5/2021).

Menurut dia, serangan yang dilakukan oleh Israel ke Palestina sejak awal Ramadhan telah menewaskan 212 orang yang terdiri dari anak-anak, perempuan, hingga lanjut usia.

Elnur menilai serangan ini bukan hanya melanggar hak asasi manusia internasional, namun juga menghancurkan kerukunan umat beragama di dunia.

"Dukungan secara keuangan saat ini sangat bermanfaat setidaknya untuk membantu saudara kita di Palestina dalam periode jangka pendek," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua BAZNAS RI Zainulbahar Noor berharap bantuan yang terkumpul nantinya dapat membantu masyarakat membangun kembali bangunan-bangunan rusak di Palestina.

Di sisi lain, dia mengajak organisasi di dunia menghentikan serangan Israel ke Palestina. "Kami juga ingin organisasi di seluruh dunia untuk mengutuk penyerangan Israel," ucap dia.

Konflik terbaru ini dipicu unjuk rasa rakyat Palestina karena menentang keputusan pengadilan yang membuat mereka harus diusir paksa dari rumah mereka di Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur dan serangan aparat Israel ke Masjid Al-Aqsa ketika Ramadan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Minta Israel Hentikan Agresi ke Palestina

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta agresi yang dilakukan oleh Israel ke Palestina segera dihentikan. Pasalnya, agresi tersebut hingga kini telah menimbulkan ratusan korban jiwa, termasuk perempuan dan anak-anak.

"Indonesia mengutuk serangan Israel yang telah menyebabkan jatuhnya ratusan korban jiwa, termasuk perempuan dan anak-anak. Agresi Israel harus dihentikan," ujar Jokowi di akun Twitter resminya @jokowi, sebagaimana dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Sabtu (15/5/2021).

3 dari 3 halaman

Infografis Rentetan Konflik Terbaru Israel - Palestina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.