Sukses

Anies Baswedan Inspeksi Pos Penyekatan Arus Balik di Tol Cikampek

Anies Baswedan menyatakan di lokasi tersebut sejumlah petugas melakukan pemeriksaan atau screening secara acak kepada pengguna kendaraan pribadi.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Kapolda Metro Jaya hingga Pangdam meninjau lokasi penyekatan pemudik yang hendak kembali ke Jakarta. Lokasi tersebut yakni di Tol Cikampek kilometer 34 arah Jakarta, Jawa Barat.

"Bapak Kapolda Metro Jaya, Gubernur DKI, Pangdam Jaya serta jajaran siang hari ini melakukan inspeksi pos terpadu pemeriksaan rapid test untuk menjaring masyarakat yang kembali dari pulang kampung menuju ke Jakarta," kata Anies, Rabu (18/5/2021).

Dia menyatakan di lokasi tersebut sejumlah petugas melakukan pemeriksaan atau screening secara acak kepada pengguna kendaraan pribadi. Hal tersebut merupakan bentuk screening pertama sebelum sampai di Jakarta.

"Di tempat ini mobil-mobil dipilih secara random lalu dipilih penumpang secara random pula melaksanakan rapid test dan tujuannya adalah ini sebagai skrining pertama bagi warga yang kembali ke Jakarta," ucapnya.

Nantinya, lanjut Anies Baswedan, pemeriksaan kedua akan dilakukan oleh para Satgas Covid-19 tingkat RT dan RW yang berkoordinasi dengan sejumlah pihak.

"Tujuannya adalah menjaga agar mereka yang terpapar bisa terdeteksi awal supaya mereka tidak menjadi penular di lingkungannya masing-masing," ucapnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lapor RT/RW

Sebelumnya, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta Budi Awaludin mengimbau agar masyarakat yang pulang dari kampung usai mudik dapat melaporkan diri ke RT ataupun RW setempat.

Kata dia, laporan tersebut untuk data pemeriksaan atau screening guna mencegah adanya kasus Covid-19.

"Nanti RT akan menscreening dan mengecek data-datanya dan memasukkan ke aplikasi. Kalau memang ada tindakan lanjut hasil swabnya reaktif atau ada gejala sakit, itu nanti kita tindaklanjuti," kata Budi saat dihubungi, Minggu (16/5/2021).

Nantinya lanjut dia, hasil pemeriksaaan akan dilaporkan melaui website datawarga-dukcapil.jakarta.go.id. Selain itu, hasil pemeriksaan tes Covid digunakan untuk memberikan rasa kenyamanan bagi warga yang tidak melakukan mudik.

"Kita akan meminta mereka melakukan swab antigen atau PCR, bisa secara mandiri, untuk lebih menenangkan masyarakat sekitarnya atau bisa kita bantu juga nanti dengan mereka ke Puskesmas terdekat," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.