Sukses

Jokowi Ingin Keberadaan Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang Tingkatkan Daya Saing Produk Lokal

Jokowi menyampaikan saat ini pembangunan jalan tol Pekanbaru-Bangkinang sudah berjalan 40 kilometer

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi berharap pembangunan jalan Tol Trans Sumatera, Pekanbaru-Bangkinang dapat mempercepat mobilitas masyarakat dan barang. Selain itu, dia ingin keberadaan jalan tol ini mampu meningkatkan daya saing produk-produk dalam negeri.

Hal ini disampaikan Jokowi saat meninjau pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Pekanbaru-Padang, Seksi Pekanbaru-Bangkinang, Kota Pekanbaru Riau, Rabu (19/5/2021), sebagaimana ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden.

"Sekali lagi dengan terbukanya banyak ruas-ruas jalan tol ini, kita harapkan mobilitas barang, mobilitas orang bisa dipercepat dan kita memiliki daya saing yang tinggi terhadap negara-negara lain," ujar Jokowi.

"Dan produk-produk yang ada, baik di provinsi Riau dan di Provinsi Padang nantinya akan memiliki daya saing yang baik. Terutama, dalam rangka bersaing dengan produk-produk dari negara-negara lain," sambungnya.

Jokowi menyampaikan saat ini pembangunan jalan tol Pekanbaru-Bangkinang sudah berjalan 40 kilometer. Dia bergarap pembangunan jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang dapat berjalan lancar.

"Ini berada di sirip Pekanbaru-Bangkinang dan nanti ke arah Padang. Sudah berjalan kurang lebih 40 km dan kita harapkan progresnya makin hari makin panjang," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lintasi 23 Desa

Sebagai informasi, Tol Pekanbaru-Bangkinang melintasi lima kecamatan dan 23 desa di Kabupaten Kampar, Riau, di antaranya, Kecamatan Tambang, meliputi Desa Rimbo Panjang, Kualu Nenas, Sungai Pinang, Kuapan dan Kecamatan Kampar Timur serta Desa Pulau Birandang.

Kemudian proyek jalan tol ini juga melalui Kecamatan Rumbio Jaya, meliputi Desa Bukit Kratai, Naga Beralih, Kayu Aro dan Sawah. Selanjutnya Kecamatan Kampar Utara meliputi Desa Sungai Jalau, Muara Jalai, Sungai Tonang. Terakhir Kecamatan Bangkinang di Desa Pasir Sialang.

Sebelumnya, PT Hutama Karya (Persero) optimis konstruksi ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang sebagai bagian dari Jalan Tol Trans-Sumatera selesai tahun ini.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Muhammad Fauzan menyampaikan progres signifikan konstruksi Tol Pekanbaru-Bangkinang tak lepas dari komitmen kontraktor yakni PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) untuk terus mengebut pekerjaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.