Sukses

Satgas Covid-19 Beri Stiker Khusus di Rumah Warga yang Jalani Isolasi Mandiri usai Pulang Mudik

Yusri mengatakan, sepulang mudik, warga harus memastikan diri tidak terpapar virus Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan Lurah menyambangi warga yang melakukan isolasi mandiri akibat terpapar Covid-19 pascamudik lebaran 2021.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menyampaikan, pihaknya menandai setiap rumah dengan pemasangan stiker yang dijadikan tempat isolasi mandiri.

"Kami sudah ada inovasi juga menempelkan stiker di depan rumahnya apakah ini isolasi mandiri," ucap dia saat dihubungi, Rabu (19/5/2021).

Yusri mengatakan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi DKI Jakarta memberikan perhatian khusus kepada warga pulang usai melaksankan mudik lebaran 2021. 

Menurut dia, mereka harus memastikan diri tidak terpapar virus Covid-19. Karena itu, surat bebas Covid-19 menjadi syarat multak yang harus dimiliki pemudik jikalau hendak kembali ke kediamannya.

"Ini adalah upaya yang kita lakukan. Kita mengharapkan warga Jakarta mematuhi protokol kesehatan, dalam ini 5M, sementara kami sebagai petugasnya akan melaksanakan kegiatan 3T, testing, tracing, dan treatment," ucap dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peran Aktif Masyarakat

Menurut Yusri, masyarakat harus berperan aktif mengawasi lingkungannya. Yusri mengharapkan masyarakat menginformasikan bila mana ada pemudik yang belum melalukan swab antigen.

"Ada yang warga lain yang mengetahui warganya pulang mudik dan belum melakukan swab silahkan dilaporkan kepada gugus tugas di tingkat komunitas atau mikro. Kami akan menjemput ke sana untuk lakukan swab di situ," ucap dia.

Yusri menjelaskan, Pagdam Jaya dan Kapolda Metro Jaya juga sudah mengecek kesiapan Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran untuk menampung pemudik yang terkonfirmasi positif. 

"Kami cek langsung di beberapa tower yang ada untuk warga2 DKI Jakarta yang dinyatakan reaktif pada saat dilakukan pemeriksaan swab," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.