Sukses

Antisipasi Lonjakan Covid-19, Dinkes Tangerang Gelar 10 Ribu Swab Antigen

Hingga sepekan kedepan, Dinkes setempat telah menyiapkan 10 ribu swab antigen dan 10 ribu kantong GeNose dengan enam alat tes GeNose yang disebar di Kota Tangerang.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar rapid tes antigen secara acak di berbagai pusat keramaian. Hal ini mengantisipasi meningkatnya kasus baru positif Covid-19 pascalibur Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah,

Hingga sepekan ke depan, Dinkes setempat telah menyiapkan 10 ribu swab antigen dan 10 ribu kantong GeNose dengan enam alat tes GeNose yang disebar di wilayah Timur, Barat dan Tengah Kota Tangerang.

"Sejak hari Minggu 16 Mei 2021, Dinkes menggelar swab antigen acak di pos cek point. Hari ini, selain menggelar di cek point, Dinkes juga menggelar di pusat keramaian. Di antaranya di Pasar Malabar, Pasar Anyar, dan CBD Ciledug," kata Kepala Dinkes Kota Tangerang Liza Puspadewi, Selasa (18/5/2021). 

Dari masing-masing tempat tersebut, diambil sampel 200 swab antigen. Hasilnya lima orang dinyatakan positif Covid-19 usai dilakukan swab antigen acak yang digelar Senin, 17 Mei 2021. 

Di antaranya, dua warga Neglasari, satu warga Karawaci, dan satu warga Rajeg Kabupaten Tangerang.

"Untuk yang warga Kota Tangerang, sudah kirim ke puskesmas domisili masing-masing untuk tindakan lebih lanjut. Sedangkan untuk warga Kabupaten sudah kita koordinasikan ke jajaran Dinkes Kabupaten dan camat Rajeg untuk ditangani lebih lanjut," jelas Liza. 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puskesmas Buka Layanan Swab Gratis

Rencananya untuk seminggu hingga 14 hari ke depan, Dinkes Tangerang akan fokus pada tracing massal secara dini. Hal ini bertujuan untuk menemukan kasus positif Covid-19 sedini mungkin. 

Disiapkannya ribuan alat tes antigen tersebut guna meminimalisir adanya risiko penyebaran virus Corona terhadap masyarakat. Terlebih, padatnya mobilitas masyarakat di hari raya, pusat perbelanjaan hingga lokasi liburan.

Di sisi lain, seluruh puskesmas juga membuka layanan swab gratis untuk warga setempat serta melakukan swab secara door to door dengan sasaran mereka yang pulang mudik, atas data laporan RT/RW setempat.

"Ini tidak bisa dilakukan dengan satu pihak saja. Dengan itu, saya berharap seluruh masyarakat Kota Tangerang untuk koperatif mengikuti tes swab baik di Rumah Sakit, Puskesmas, maupun di lokasi swab pusat keramaian yang digelar Pemkot Tangerang. Semua dilakukan secara gratis, baik antigen, pcr maupun GeNose," kata dr Liza. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.