Polri: 72 Orang Reaktif Covid-19 saat Dites Antigen di Pos Penyekatan Seluruh Indonesia

Oleh Nafiysul Qodar pada 17 Mei 2021, 07:17 WIB
Diperbarui 17 Mei 2021, 07:49 WIB
Pemudik Dinyatakan Reaktif Hasil Rapid Tes Antigen di Cirebon
Perbesar
Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi memantau langsung pelaksanaan rapid tes antigen kepada pemudik di Pos Rawagatel. Foto (istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Istiono menyampaikan, terdapat 72 orang reaktif Covid-19 dari jumlah sampel acak sebanyak 13.675 orang yang menjalani tes antigen di sejumlah Pos Penyekatan Larangan Mudik Lebaran 2021 di Indonesia.

"Random test yang dilaksanakan seluruh Indonesia sebanyak 13.675 hari ini, yang reaktif 72 orang,” ucap Istiono di Jakarta, Minggu (16/5/2021) malam.

Istiono sempat meninjau pemeriksaan dokumen dan tes antigen terhadap pengendara yang memasuki wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) usai libur Lebaran 2021 di Pos Penyekatan KM 34 Tol Cikampek-Jakarta.

Dia mengatakan untuk wilayah Polda Metro Jaya, 1.847 orang yang menggunakan roda empat atau roda dua di jalur arteri telah dilakukan tes antigen Covid-19 secara acak.

Hasil pemeriksaan tes antigen di jalur arteri Pos Penyekatan Kedung Waringin, Bekasi, Jawa Barat maupun Tol Bekasi itu terdapat empat orang reaktif Covid-19 dan telah ditangani di rumah sakit terdekat.

Jenderal polisi bintang dua itu juga menyampaikan jumlah kendaraan yang memasuki wilayah Jabodetabek usai libur lebaran masih terpantau normal dengan jumlah sekitar 21.000 unit.

“Saya sampaikan juga kondisi volume kendaraan dari Jawa Tengah ini yang masuk ke Jakarta turun 52 persen. Kemudian, untuk Jabar ke Jakarta turun 56 persen, dari Sumatera ke Jakarta turun 73 persen," kata Istiono dikutip dari Antara.

Dia menyataka bahwa puncak arus balik Lebaran 2021 ke arah Jabodetabek masih belum terlihat. "Karena kendaraan yang masuk ke Jakarta sebanyak 21 ribu. Untuk biasanya arus balik di atas 60 ribu. Kita lihat nanti perkembangannya,” ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Puncak Arus Balik Diperkirakan Terjadi Akhir Pekan Depan

Petugas memperketat arus balik kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek km 47 B untuk mencegah kendaraan menuju Jakarta usai Lebaran. (Liputan6.com/Abramena)
Perbesar
Petugas memperketat arus balik di Tol Jakarta-Cikampek km 47 B untuk mencegah kendaraan menuju Jakarta usai Lebaran. (Liputan6.com/Abramena)

Istiono memperkirakan puncak arus balik lebaran 2021 akan terjadi pada akhir pekan depan dari arah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, serta Pulau Sumatera menuju wilayah Jabodetabek.

Sebelumnya, Korlantas Polri memperketat pemeriksaan setiap kendaraan yang memasuki wilayah Jabodetabek pada arus balik lebaran 2021 dengan mendirikan 109 pos pemeriksaan untuk menggelar tes antigen secara acak yang bertujuan menekan kasus Covid-19.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran

Infografis Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran
Perbesar
Infografis Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya