Penumpang dari Sumatera Dapat Perhatian Khusus, Swab Antigen Acak di Soetta

Oleh Pramita Tristiawati pada 16 Mei 2021, 18:01 WIB
Diperbarui 16 Mei 2021, 18:01 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, memantau langsung aktifitas Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Selasa (11/5/2021)
Perbesar
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, memantau langsung aktifitas Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Selasa (11/5/2021)

Liputan6.com, Jakarta - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) memperketat pemeriksaan kesehatan para pemudik lebaran yang baru saja mendarat, terlebih dari penerbangan Sumatera. Pasalnya, penularan Covid-19 di Pulau Sumatera tengah meningkat.

"Kita tahu sekarang ini adalah peningkatan kasus-kasus di luar Pulau Jawa, khususnya di Sumatera, sehingga di Bandara Soetta dengan didukung Polres, kami memperketat dengan melakukan pemeriksaan Swab (antigen)," ujar Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soetta dr Darmawali Handoko, Minggu (16/5/2021).

Menurut pria yang karib disapa Koko itu, sebenarnya seluruh penumpang yang baru tiba dari daerah zona orange dan merah akan diberikan pemeriksaan ketat.

Tetapi, kata dia, untuk kali ini, daerah Sumatera yang peningkatan kasus Covid-19 tinggi diberikan perhatian khusus.

Terlebih mereka yang baru kembali dari mudik lebaran dan menetap di sana, sampai di jalur pemeriksaan e-HAC, penumpang akan langsung di swab antigen secara acak.

"Yang kita utamakan adalah adanya peningkatan kasus, yang kita dapat surat edaran juga ada kewaspadaan yang tinggi terhadap penumpang dari Sumatera. Jadi yang kami pastikan yang datang dari Sumatera yang kami prioritaskan Swab random," tutur dr Koko.

Langkah ini akan diambil KKP yang bekerjasama dengan Polresta Bandara Soetta serta Angkasa Pura II, hingga 24 Mei 2021 mendatang. Atau hingga surat pengetatan dicabut.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Upaya Pengamanan Berlapis di Bandara Soetta

soetta
Perbesar
Pemeriksaan kesehatan calon penumpang oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Internasional Soekarno Hatta. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Sementara, Kapolresta Bandara Soekarno Hatta Kombes Pol Adi Ferdian Saputra mengatakan, bila upaya ini dilakukan untuk pengamanan berlapis dari penyebaran Covid-19.

Sehingga, kata dia, posko Swab Antigen diletakan di Terminal 2 dan Terminal 3 Bandara Soetta.

"Ini bentuk pengamanan berlapis dari penyebaran Covid-19, jadi di T2 dan T3 ada semua," ucap Adi.

Kalau ada yang positif, lanjut dia, maka penumpang akan langsung dievakuasi ke Wisma Pademangan, Jakarta Utara

"Kami sudah berkordinasi dengan petugas yang ada di sana, jadi kalau ada yang positif langsung dievakuasi," jelas Adi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓