Arus Balik Lebaran 2021, Pemudik di Bandara Soetta Langsung Dites Swab Antigen

Oleh Pramita Tristiawati pada 16 Mei 2021, 14:14 WIB
Diperbarui 16 Mei 2021, 14:14 WIB
Tes swab antigen pemudik di Bandara Soetta
Perbesar
Petugas melakukan tes swab antigen secara acak terhadap penumpang pesawat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) saat arus balik Lebaran 2021. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Liputan6.com, Jakarta - Pemudik yang kembali ke ibu kota melalui Terminal 3 Domestik Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Cengkareng, langsung dites swab antigen secara acak, Minggu (16/5/2021).

Lokasi tes swab antigen sengaja diletakkan di pos pemeriksaan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Sehingga alurnya setelah pemudik turun dari pesawat, masuk ke dalam jalur atau koridor e-HAC, diperiksa suhu tubuh, lanjut ke posko tes swab antigen.

Seperti yang dilakukan salah satu penumpang bernama Ria Lismaya. Perempuan asal Palembang, Sumatera Selatan ini langsung diarahkan ke pos pemeriksaan antigen. Padahal, dia sudah memegang surat bebas Covid-19.

"Tadi disuruh tes lagi, enggak apa-apa, saya malah seneng. Jadi saat saya kembali ke kosan, teman-teman lain di sana jadi ngerasa aman. Ini aja hasilnya saya foto, terus langsung kirim ke grup Whatsapp," tuturnya.

Dia mengaku memang habis pulang ke kampung halaman untuk mengunjungi orang tuanya, namun saat itu belum ada larangan mudik.

Sementara di lain pihak, Kepala KKP Bandara Internasional Soekarno-Hatta, dr Darmawali Handoko mengatakan, langkah ini diambil sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona Covid-19 dari pelaku perjalanan.

"Ini kan kedatangan arus balik menuju Jakarta, jadi kita random untuk penumpang pesawat yang baru mendarat di Bandara Soekarno Hatta," tuturnya.

Tak hanya acak, jika ditemukan penumpang pesawat yang menunjukkan gejala Covid-19, seperti demam dan batuk pilek, maka petugas akan langsung membawanya untuk dites lebih lanjut.

"Minimal per pesawat ini ada lima orang penumpang yang dites antigen. Tapi, kalau ada penumpang yang inisiatif mau di-antigen sendiri, sangat diperbolehkan," katanya.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pengamanan Berlapis dari Covid-19

FOTO: Calon Penumpang Bandara Soetta Mengular Antre Rapid Test
Perbesar
Polisi berjaga saat calon penumpang mengntre untuk rapid test antigen di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (22/12/2020). Calon penumpang mengaku rata-rata antre hingga tiga jam untuk mendapatkan layanan rapid test antigen. (merdeka.com/Arie Basuki)

Kapolresta Bandara Soekarno Hatta, Kombes Adi Ferdian Saputra mengatakan, upaya ini dilakukan untuk pengamanan berlapis dari penyebaran Covid-19. Sehingga, posko swab antigen diletakkan di Terminal 2 dan Terminal 3 Bandara Soetta.

"Ini bentuk pengamanan berlapis dari penyebaran Covid-19, jadi di T2 dan T3 ada semua," katanya.

Kalau ada yang positif, penumpang akan langsung dievakuasi ke Wisma Atlet Pademangan, Jakarta Utara.

"Kami sudah berkordinasi dengan petugas yang ada di sana, jadi kalau ada yang positif langsung dievakuasi," katanya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Dilarang Mudik Lebaran 2021

Infografis Dilarang Mudik Lebaran 2021
Perbesar
Infografis Dilarang Mudik Lebaran 2021 (Liputan6.com/Triyasni)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya