Sukses

Tutup Sementara, Calon Pengunjung Ragunan Terpaksa Putar Balik

Sejumlah calon pengunjung Taman Margasatwa Ragunan Jakarta Selatan terpaksa harus putar balik karena destinasi wisata itu tutup pada Minggu (16/5/2021) hingga Senin, 17 Mei 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah calon pengunjung Taman Margasatwa Ragunan (TMR) Jakarta Selatan terpaksa harus putar balik karena destinasi wisata itu tutup pada Minggu (16/5/2021) hingga Senin, 17 Mei 2021.

"Jadi informasinya sangat mendadak baru hari ini, kita sebelumnya juga sudah pesan online," ujar seorang calon pengunjung Zaki Fuadi ditemui di Pintu Gerbang Ragunan, dilansir Antara, Minggu (16/5/2021).

Pria asal Ciracas, Jakarta Timur itu mengaku tidak tahu ada penutupan wisata Ragunan karena sudah mendapatkan konfirmasi melalui surat elektronik untuk pindai barcode tiket masuk hari ini.

Padahal, lanjut dia, Zaki yang berangkat bersama keluarganya sudah mempersiapkan bekal seperti makanan dan minuman untuk berwisata dan berangkat dari Ciracas sekitar pukul 07.00 WIB.

Agar tidak rugi sudah jauh datang ke Ragunan, Zaki kemudian mengajak keluarganya untuk berfoto di depan pintu gerbang Taman Margasatwa Ragunan.

Zaki dan keluarga berencana mencari alternatif mengisi libur Lebaran dengan mengunjungi mal mengingat wisata lain seperti Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Taman Impian Jaya Ancol juga tutup.

Tak hanya Zaki, sejumlah calon pengunjung harus gigit jari, terpaksa harus putar balik saat sudah berada di depan gerbang Taman Margasatwa Ragunan.

"Saya tidak tahu kalau Ragunan tutup. Mungkin sekarang mau ke taman lain atau ke mal," kata Ilham, warga Pasar Baru, Jakarta Pusat yang menaiki sepeda motor bersama keluarga.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sudah Pasang Spanduk Tutup Sementara

Padahal, petugas gabungan sudah memasang informasi berupa spanduk Taman Margasatwa Ragunan tutup di perempatan Jalan Harsono dan Jalan Warung Jati Barat, tepatnya di depan Halte Bus TransJakarta Departemen Pertanian.

Hingga pukul 09.30 WIB, tidak ada antrean di sekitar Pintu Gerbang Taman Margasatwa Ragunan.

Sejumlah petugas gabungan di antaranya Polri, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP berjaga di depan pintu gerbang dan memberitahukan melalui pengeras suara bahwa TMR tutup.

Sebelumnya, pengelola Taman Margasatwa Ragunan (TMR) mengatakan penutupan dilakukan karena pengelola melakukan penguatan protokol kesehatan.

Staf Pelayanan Informasi dan Kehumasan Ragunan Wahyudi Bambang mengatakan Taman Margasatwa Ragunan akan buka kembali pada Selasa, 18 Mei 2021.

Sejatinya, penutupan untuk protokol kesehatan dilakukan satu hari pada Minggu, namun setiap Senin taman satwa seluas 147 hektare itu juga tutup yang sudah rutin dilaksanakan atau dikenal dengan "libur satwa".

Penutupan itu juga sesuai dengan Surat Edaran Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Nomor 1790/-1.858.2 yang ditandatangani pelaksana tugas Kadisparekraf Gumilar Ekalaya pada Sabtu, 15 Mei 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.