Spanduk Tolak Pemudik Tanpa Swab Antigen Balik ke Jakarta Bertebaran di Ibu Kota

Oleh Ady Anugrahadi pada 16 Mei 2021, 00:10 WIB
Diperbarui 16 Mei 2021, 09:44 WIB
Spanduk pemudik wajib tes swab antigen
Perbesar
Warga memasang spanduk meminta para pemudik melakukan tes swab antigen sebelum kembali ke Jakarta. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Liputan6.com, Jakarta - Spanduk berisi penolakan warga terhadap pemudik yang kembali ke wilayah Jakarta tanpa mengantongi surat bebas Covid-19 bertebaran di sejumlah titik ibu kota.

Misalnya di Jalan Kartini dan Mangga Dua, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Warga memasang spanduk di pagar-pagar. Adapun bunyinya, "Kami warga Kartini menolak pemudik tanpa rapid".

Kapolsek Sawah Besar AKP Maulana Mukaron mengatakan, masyarakat memasang spanduk itu karena khawatir para pemudik membawa virus corona Covid-19.

"Pemasangan spanduk oleh masyarakat," katanya saat dikonfirmasi, Sabtu (15/5/2021).

Maulana mengapresiasi langkah yang diambil warga dalam mendukung kebijakan pemerintah mencegah penyebaran Covid-19.

"Ini demi warga Jakarta Pusat khususnya Sawah Besar sehat, terbebas Covid-19," ujar dia.

Pun demikian di Jakarta Barat. Spanduk bernada imbauan bagi pemudik juga dipasang oleh warga di Kompleks DPA RT 02/02 Kelurahan Kemanggisan, Palmerah Jakarta Barat.

Warga menuliskan spanduk, "Kami Warga Kemanggisan mau bebas Corona agar pemudik swab antigen".

Kapolsek Palmerah, Kompol Agus Widartono mengapresiasi upaya warga yang turut berperan aktif dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Imbauan kepada pemudik lebaran kami harapkan bisa dipatuhi oleh pemudik," ujar dia.

 

2 dari 4 halaman

Wajib Tes Swab dan Isolasi Mandiri

Spanduk pemudik wajib swab antigen
Perbesar
Warga memasang spanduk meminta para pemudik melakukan tes swab antigen sebelum kembali ke Jakarta. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Sementara itu, Kapolsek Tanjung Duren, Kompol Rosana Albertina Labobar mengimbau kepada seluruh pemudik di wilayahnya untuk melakukan tes swab antigen dan isolasi mandiri sebelum sampai rumah.

Hal ini bertujuan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah hukum Tanjung Duren.

"Kita sayangi keluarga kita, tetangga kita dan semuanya dengan wajib swab antigen dan isolasi mandiri, karena pemudik ini habis perjalanan jauh dan bertemu dengan siapa saja di jalan," ujar dia Sabtu (15/5/2021).

Wanita yang akrab di sapa Ocha ini berharap, pemudik dari berbagai daerah yang ingin kembali ke Tanjung Duren bisa menyadari situasi saat ini masih Pandemi Covid-19.

"Ini demi keselamatan bersama, jangan sampai kembali ke rumah justru membawa virus corona. Oleh karena itu, kami Polsek Tanjung Duren bersama Tiga Pilar memberikan imbauan, wajib tes swab antigen dan isolasi mandiri," tegas dia.

3 dari 4 halaman

Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran

Infografis Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran
Perbesar
Infografis Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓