Sukses

Doni Monardo: Antisipasi Pingpong Kasus Covid-19 di Sumatera dan Jawa

Analogi pingpong yang dimaksud Ketua Satgas Covid-19 adalah perpindahan peningkatan kasus yang saat ini diketahui tinggi di Pulau Sumatera dan kembali ke Pulau Jawa saat pemudik tiba.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo berharap, tidak terjadi aksi 'pingpong' jelang kembalinya para pemudik ke Pulau Jawa dari Sumatera.

Analogi pingpong dimaksud adalah perpindahan peningkatan kasus yang saat ini diketahui tinggi di Pulau Sumatera dan kembali ke Pulau Jawa saat para pemudik tiba. 

"Kita tidak ingin teori bola pingpong ini terjadi. Pemerintah berupaya untuk melakukan penyekatan diharapkan bisa berhasil," kata Doni saat talkshow Antisipasi Mobilitas Masyarakat dan Pencegahan Lonjakan Kasus Covid-19 Pasca Libur Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Doni mencatat, ada 440.014 orang yang berpindah saat masa libur Lebaran dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera. Data itu diketahui Doni saat melakukan tinjauan di pelabuhan Merak-Bakauheni.

"Data memperlihatkan bahwa Sumatera mengalami tren kenaikan kasus aktif selama satu bulan terakhir ini. Sementara, Pulau Jawa angkanya relatif melandai," jelas Doni.

Demi mencegah adanya perpindahan tersebut, Satgas Covid-19 telah menyiapkan alat antigen untuk memastikan masyarakat pelaku perjalanan dari Pulau Sumatera yang masuk ke Pulau Jawa bebas dari Covid-19.

"Ada stock di BPKP sebanyak 50.000 antigen, kemudian milik Dinkes Provinsi Lampung 12.000 sudah terdistribusi, dan sudah dalam pelayaran dari Pelabuhan Merak menuju ke Pelabuhan Bakauheni sebanyak 200.000 rapid test antigen. Jadi kami yakin dengan jumlah tersebut akan bisa memadai," ungkap Ketua Satgas Covid-19 ini. 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapkan Tempat Isolasi

Selain alat tes antigen, Doni menyebut pihaknya telah menyiapkan tempat isolasi bagi mereka yang reaktif Covid-19 untuk dilakukan karantina. Seperti wisma atau rusun yang tersebar di wilayah tersebut.

"Jadi mereka yang reaktif setelah diperiksa swab antigen akan dibawa ke ruang isolasi. Pemerintah Provinsi Lampung telah menyiapkan beberapa fasilitas tempat isolasi yaitu wisma dan juga rusun yang ada," jelas Doni. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.