Ramai Momen Jokowi Bersimpuh ke Ma'ruf Amin, Jubir Wapres: Itu Foto Jelang Debat Capres

Oleh Lizsa Egeham pada 15 Mei 2021, 16:04 WIB
Diperbarui 15 Mei 2021, 17:31 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Perbesar
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan kita tidak boleh menyepelekan yang namanya COVID-19 dalam pernyataannya pada Minggu, 2 Mei 2021. (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta Foto Presiden Joko Widodo atau Jokowi tengah bersimpuh dan sungkem kepada Wapres Ma'ruf Amin ramai di jagat maya, usai Ustaz Yusuf Mansur mengunggahnya di Instagram pribadinya, Jumat, 14 Mei 2021. Namun, ternyata itu adalah foto lama yang diambil sebelum debat Pilpres 2019.

Kala itu, keduanya usai melaksanakan salat sebelum berangkat ke lokasi depat capres-cawapres. Seperti biasanya, setelah salat masyarakat pun bersalam-salaman.

"Jadi, itu foto lama menjelang debat capres. Ketika itu (sebelum debat), Presiden dan Cawapres Maruf Amin salat di Masjid Baiturahim Istana Kepresidenan," jelas Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu (15/5/2021).

Dalam foto itu, terlihat Ma'ruf Amin sedang duduk di kursinya. Sementara itu, Jokowi duduk di bawahnya sambil menyatukan kedua telapak tangannya dan bersimpuh kepada Ma'ruf Amin.

Masduki mengatakan bahwa saat itu Ma'ruf Amin sempat terpeleset sebelum salat sehingga membuat kakinya sakit. Hal itulah yang menjadi alasan Ma'ruf berada di atas kursi dan Jokowi di bawah bersimpuh.

"Waktu itu sebelum debat capres, Pak Kiai sempat terpeleset kakinya. Makanya salat pakai kursi," tuturnya.

2 dari 3 halaman

Foto Diambil Bukan Saat Pandemi

Di samping Ma'ruf Amin tampak Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Di foto itu, keduanya juga tidak ada yang memakai masker.

Masduki menekankan bahwa foto itu tidak diambil saat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah dan pandemi Covid-19.

"Presiden dan Pak Kiai belum ada bertemu di Lebaran ini. Hanya kemarin saja lebaran virtual melalui video," ujar Masduki.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓