Antisipasi Arus Balik, Anies Minta RT/RW Catat Warga yang Kembali ke Jakarta

Oleh Muhammad Radityo Priyasmoro pada 15 Mei 2021, 17:05 WIB
Diperbarui 15 Mei 2021, 17:05 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Perbesar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan | instagram.com/aniesbaswedan

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Anies Baswedan menegaskan, pengendalian virus corona tetap berjalan di lingkup terkecil masyarakat yakni RT/RW. Menurut dia, ketua tiap wilayah harus aktif mendata setiap warga, khususnya yang melaksanakan mudik Lebaran.

"Pengendalian berlangsung di level lingkungan warga, dengan mendata warga yang telah kembali memasuki kediaman masing-masing (di lingkungan Jakarta)," kata Anies dalam keterangannya, seperti dikutip melalui akun Instagram pribadinya @aniesbaswedan, Sabtu (15/3/2021).

Anies meminta kepada Gugus Tugas Covid-19 di tingkat RT/RW, Kelurahan, Kecamatan, Babinkamtibmas, dan Babinsa dapat berkolaborasi untuk mendata warga yang masuk ke wilayahnya.

"Seluruh warga yang datang akan dipantau, diperiksa kesehatannya, bergejala/tidak, dan akan dilakukan tes rapid antigen," tegas Anies.

Anies juga meminta kepada warga yang kembali tiba di Jakarta, dilakukan dua lapis screening. Pertama sebelum masuk wilayah DKI dan kedua ketika sudah sampai di tempat tinggalnya.

"Nanti kita siapkan aplikasi khusus untuk para ketua RT/RW melaporkan kondisi di wilayahnya," ungkap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini.

 

2 dari 3 halaman

Bisa Berjalan Sinkron

Anies berharap, koordinasi berlapis dari jenjang RT/RW hingga provinsi bisa berjalan sinkron melalui pertemuan khusus seluruh jajaran Gugus Tugas Covid-19 di setiap Kecamatan.

"Ini agar bisa mencegah terjadinya lonjakan kasus aktif pascalibur Lebaran," Anies menandasi.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓