Sukses

Ini Prediksi Kakorlantas Polri Terkait Puncak Arus Balik Lebaran

Jumlah pemudik yang kembali ke wilayah Jabodetabek diprediksi sekitar 1,5 juta orang. Menurut Istiono, data tersebut merujuk dari Kementerian Perhubungan.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono mengatakan puncak arus balik Lebaran 2021 diprediksi akan terjadi pada akhir pekan ini.

"Puncak arus balik diprediksi mulai hari ini (Sabtu) sampai besok (Minggu) karena Senin masyarakat sudah mulai masuk kerja," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (15/5/2021).

Jumlah pemudik yang kembali ke wilayah Jabodetabek diprediksi sekitar 1,5 juta orang. Menurut Istiono, data tersebut merujuk dari Kementerian Perhubungan.

"Kementerian sebelumnya menyebut ada 1,5 juta warga di wilayah Jabodetabek yang melakukan perjalanan," ujar Kakorlantas. 

Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan antisipasi untuk mengelola arus lalu lintas.

"Ini yang perlu dikelola perjalanan balik ke Jabodetabeknya. Oleh karenanya kita antisipasi mobilisasi kendaraan roda empat dan roda dua di jalur tol dan arteri," ujar Istiono.

Istiono memaparkan pihaknya bakal mengalihkan truk-truk besar bersumbu tiga ke jalur arteri demi memperlancar arus balik.

"Untuk truk sumbu 3 ke atas yang melalui jalan tol perlu dilakukan diskresi kepolisian. Pengalihan truk sumbu tiga ke atas melalui jalur arteri atau non tol mulai dari Semarang sampai Jakarta dari siang ini," jelasnya.

Selain itu, Korlantas bersama Satgas Covid-19 juga telah menyiapkan 109 titik check point untuk memeriksa seluruh pengendara yang memasuki wilayah Jabodetabek. Semuanya harus membawa surat swab antigen atau PCR swab test.

Bagi yang tidak membawa surat bebas Covid-19, akan dilakukan random check di lokasi yang ditentukan.

"Polri bersama satgas covid nasional dan daerah telah menyiapkan 109 titik check point, 26 di rest area dan gate tol dan 83 dibtitik jalur arteri jalan nasional, dari jawa dan Sumatera menuju Jakarta dengan melaksanakan kegiatan rapid test antigen secara random yg dilaksanajan mulai hari ini," jelas Istiono.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Arus Balik dari Sumatera Jadi Fokus

Kakorlantas memaparkan arus balik dari wilayah Sumatera menjadi fokus titik check point. Sebab, kasus positif Covid-19 di wilayah Sumatera cenderung naik.

"Untuk wilayah sumatera (aceh sampai lampung) merupakan wilayah atensi Covid-19. Oleh karenanya sebelum melakukan penyeberangan harus dilengkapi surat bebas Covid-19," ujar dia.

Apabila hasil random swab antigen menunjukkan positif akan dirujuk ke RS terdekat guna penanganan lebih lanjut.

"Bila hasil random test menujukan positif langsung dirujuk RS terdekat yang sudah ditunjuk," ujar Istiono.

Dia pun meminta seluruh jajarannya untuk melakukan pengawasan serta berkoordinasi dengan instansi terkait. Segala dinamika dilapangan diminta diambil keputusan dengan cepat dan tepat.

"Terus dilakukan pengawasan dan pengendalian terus menerus serta koordinasi dengan instansi terkait untuk antisipasi dinamika di lapangan yang setiap saat bisa berubah," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.