Sukses

Ustaz Yusuf Mansur Unggah Foto Jokowi Bersimpuh ke Ma'ruf Amin, Ini Faktanya

Foto itu memperlihatkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang sedang duduk bersimpuh dan sungkem dengan Wapres Ma'ruf Amin.

Liputan6.com, Jakarta Ustaz Yusuf Mansur mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan momen langka. Foto itu memperlihatkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang sedang duduk bersimpuh dan sungkem dengan Wapres Ma'ruf Amin.

"Foto langka menurut saya dengan izin Allah.. Mana ada... Met Hari Raya. Mari bersihkan hati. Apa-apa jadi doa aja... dibawa doa... banyakin baik sangka," tulis Yusuf Mansur di akun instagramnya @yusufmansurnew, Jumat 14 Mei 2021.

"Ini Presiden ke Wapres loh... biar gimana ini potret langka... dan pengajaran budi pekerti yang baik sekali," sambungnya.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Yusuf Mansur (@yusufmansurnew)

Dalam foto itu, terlihat Ma'ruf Amin sedang duduk di kursinya. Sementara itu, Jokowi duduk dibawahnya sambil menyatukan kedua telapak tangannya dan bersimpuh kepada Ma'ruf Amin.

Di samping Ma'ruf Amin tampak Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Di foto itu, keduanya juga tidak ada yang memakai masker.

Ternyata, foto yang diunggah Yusuf Mansur merupakan foto lama dan diambil saat Pilpres 2019.

"Itu foto lama itu, momen lama. Iya (saat Pilpres)," kata Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi saat dikonfirmasi Liputan6.com, Sabtu (15/5/2021).

Dia memastikan bahwa foto itu bukanlah saat momen Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Pasalnya, Jokowi dan Ma'ruf hanya bersilaturahmi secara virtual pada momen Lebaran 2021.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Salat Id di Lokasi Berbeda

Jokowi diketahui melaksanakan salat Idul Fitri di Wisma Bayurini Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat bersama Ibu Negara Iriana. Adapun Ma'ruf menjalankan salat Id di Pendopo Rumah Dinas Wakil Presiden, Jakarta.

Usai salat Id, Jokowi bersama Iriana menghubungi Ma'ruf Amin dan Ibu Wury yang berada di kediaman resminya melalui panggilan video. Dalam dialognya, Jokowi dan Ma'ruf saling bertanya mengenai kondisi kesehatan keluarga pada hari raya Idulfitri yang masih dirayakan di tengah kondisi pandemi Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.