Sukses

Arus Balik Mudik Lebaran, Polres Depok Siapkan Tes Antigen Cegah Covid-19

Polres Metro Depok akan menyiapkan ribuan tes antigen yang akan ditempatkan di tiap titik check point guna mencegah penularan Covid-19 pada arus balik mudik Lebaran 2021 ini.

Liputan6.com, Jakarta - Polres Metro Depok telah mengantisipasi dan membuat mekanisme untuk mencegah penularan Covid-19 pada arus balik mudik Lebaran 2021 di Kota Depok, Jawa Barat (Jabar).

Rencananya, Polres Metro Depok akan menyiapkan ribuan tes antigen yang akan ditempatkan di tiap titik check point.

Kasat Lantas Polres Metro Depok AKBP Andi Muhammad Indra Waspada mengatakan, arus balik diprediksi akan terjadi pada hari ini, Sabtu (15/5/2021) dan Minggu malam, 16 Mei 2021. Untuk mencegah penularan Covid-19, pihaknya akan memberlakukan rapid test antigen.

"Untuk memastikan tidak ada penularan, pemudik akan kami rapid test antigen di tiap check point," ujar Andi, Sabtu (15/5/2021).

Andi menjelaskan, Polres Metro Depok telah menyiapkan sekitar 3.500 rapid tes antigen yang akan digunakan.

Namun jumlah tersebut akan ditambah sesuai kondisi di lapangan. Nantinya, pemudik yang kedapatan menunjukkan reaktif akan dilanjutkan penanganan untuk memastikan tertular atau tidak.

"Apabila ada pemudik yang reaktif akan dilakukan penanganan selanjutnya," terang Andi.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Check Point

Andi mengungkapkan, untuk titik pos check point yakni SPBU Cilangkap atau perbatasan dengan Cibinong, Bogor, akan disiapkan 1.000 rapid antigen. Jumlah tersebut dengan asumsi yang diperiksa per hari 200 orang selama lima hari.

"Perum BSI perbatasan dengan Parung, Kabupaten Bogor, jumlah rapid antigen yang diperlukan sekitar 1.000 orang,," ucap dia.

Tidak hanya itu, lanjut Andi, gerbang tol Kukusan yang merupakan keluar masuk Tol Cijago akan dilakukan pemeriksaan untuk 500 orang.

Gerbang tol akses keluar masuk tol Desari disiapkan 500 rapid antigen, dan gerbang tol Cisalak disiapkan 500 rapid antigen.

"Pemeriksaan akan dilakukan secara acak kepada pemudik yang memasuki Kota Depok," pungkas Andi.

3 dari 3 halaman

Aksi-Aksi Nekat Terobos Penyekatan Mudik Lebaran 2021

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.