Ini Wilayah di Indonesia yang Diprediksi Hujan Lebat pada Sabtu 15 Mei 2021

Oleh Nafiysul Qodar pada 15 Mei 2021, 07:50 WIB
Diperbarui 15 Mei 2021, 07:59 WIB
BMKG Minta Publik Waspada Cuaca Ekstrem
Perbesar
Warga menggunakan payung saat hujan mengguyur kawasan Jakarta, Senin (3/2/2020). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis informasi peringatan dini cuaca ekstrem yang diperkirakan berlangsung hingga Rabu (5/2/2020) mendatang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini hujan lebat disertai kilat dan angin kencang yang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Indonesia, pada Sabtu (15/5/2021).

BMKG melalui situs resminya www.bmkg.go.id, melaporkan sirkulasi siklonik terpantau di perairan barat Bengkulu yang membentuk daerah konvergensi di Kepulauan Mentawai hingga Jambi.

Kemudian di Selat Makassar bagian selatan yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Barat.

Sirkulasi siklonik lainnya terpantau di Laut Halmahera bagian utara dan Laut China Selatan sebelah utara Kalimantan yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan bagian utara.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari Aceh hingga Sumatera Utara, dari Kepulauan Mentawai hingga Sumatera Utara, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Timur, dari Teluk Cendrawasih hingga Papua Barat dan dari Papua bagian timur hingga Papua bagian barat.

Seperti dilansir Antara, BMKG menyampaikan bahwa kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi itu.

Disebutkan, provinsi yang berpotensi hujan lebat, disertai kilat dan angin kencang, yakni Aceh, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat.

 

2 dari 4 halaman

Potensi Hujan di Kalimantan hingga Papua

Ilustrasi – Awan tebal menjelang hujan deras. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)
Perbesar
Ilustrasi – Awan tebal menjelang hujan deras. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Maluku Utara.

Hujan lebat juga berpotensi terjadi di Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.

3 dari 4 halaman

4 Tips Hindari Penularan Covid-19 Saat Musim Hujan

Infografis 4 Tips Hindari Penularan Covid-19 Saat Musim Hujan. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 4 Tips Hindari Penularan Covid-19 Saat Musim Hujan. (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓