Sukses

Gempa M 7,2 Guncang Nias Barat, Warga Panik Keluar Rumah

Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 7,2 mengguncang Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara, Jumat (14/5/2021).

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 7,2 mengguncang Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara, Jumat (14/5/2021). Lindu yang terjadi pukul 13.33 WIB itu dirasakan kuat oleh warga Nias Barat.

Kepala Sub Bidang Direktorat (Kasubdit) Tanggap Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nias Barat, Hiramo mengatakan, guncangan gempa tersebut sempat membuat masyarakat panik. Mereka kemudian keluar rumah.

"Masyarakat panik dan keluar rumah," ujar Hiramo melalui keterangan tertulis Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jumat.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Nias Barat sedang melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan instansi dan pihak terkait.

Sementara itu, berdasarkan hasil rekaman seismogram Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di 0.10 LU dan 96.53 BT di laut pada kedalaman 19 kilometer (km).

Adapun apabila ditarik garis lurus, jarak pusat gempa tersebut berada pada 141 km Barat Daya Nias Barat, 151 km Barat Daya Nias Selatan, 172 km Barat Daya Nias, 455 km Barat Daya Medan dan 1.339 km Barat Laut Jakarta.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Soal Korban dan Kerugian

Menurut BMKG, gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 14.19 WIB, belum ada laporan mengenai korban jiwa maupun kerugian materil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.