Sukses

Anies Baswedan Harap Tak Ada Kenaikan Kasus Covid-19 Usai Lebaran

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap tak terjadi lonjakan kasus Covid-19 di Ibu Kota usai Lebaran 2021. Menurut dia, saat ini, kasus Covid-19 di Jakarta dalam kondisi terendahnya.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap tak terjadi lonjakan kasus Covid-19 di Ibu Kota usai Lebaran 2021. Menurut dia, saat ini, kasus Covid-19 di Jakarta dalam kondisi terendahnya.

"Saat ini di Jakarta kita secara umum situasinya termasuk yang paling rendah," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Jumat (14/5/2021).

Dia mengatakan, hal tersebut terlihat dari data keterisian kamar isolasi ataupun ICU di rumah sakit rujukan. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyebut, keterisian tempat tidur pasien tidak lebih dari 30 persen.

"Tingkat isolasi kita antara 24-28 persen, occupancy ratio-nya. Dan itu artinya termasuk yang rendah selama satu tahun ini," ucap Anies.

Oleh karena itu, lanjut dia, pemprov telah menyiapkan sejumlah antisipasi lonjakan kasus bersama jajaran Forkompimda DKI Jakarta. Mulai dari pengetatan hingga pemantauan warga yang datang ke Jakarta.

Salah satunya melalui pengecekan kesehatan atau skrining secara acak.

"Pertama adalah lakukan screening di pintu masuk Jakarta, Jabodetabek. Untuk kendaraan pribadi nanti akan dilakukan screening random bagi mereka yang masuk," ujar dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Untuk Deteksi Awal

Langkah itu guna mendeteksi lebih awal bila ada berpotensi membawa virus corona. Lalu, adanya pemantauan dan pengetatan untuk setiap wilayah.

"Jadi ketua RT, RW gugus tugasnya akan melakukan monitoring, sehingga seluruh warga yang datang akan dilakukan pemantauan dicek kondisinya, dipastikan bahwa yang bersangkutan sehat, yang bersangkutan tidak bergejala dan akan dilakukan pengetesan rapid antigen," jelas Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Lebaran adalah nama lain dari Hari Raya umat Islam.

    Lebaran