Sebelum Masuk Jakarta, Pemudik Asal Sumatera Wajib Rapid Antigen di Bakauheni

Oleh Fachrur Rozie pada 13 Mei 2021, 20:57 WIB
Diperbarui 13 Mei 2021, 21:44 WIB
Melihat Megahnya Terminal Penyeberangan Eksekutif Sosoro Merak
Perbesar
Kapal penyeberangan sandar di Pelabuhan Eksekutif Sosoro, Merak, Banten, Minggu (2/6/2019). Untuk menambah pelayanan dan kenyamanan bagi calon penumpang kapal penyeberangan Merak-Bakauheni, ASDP membuka terminal penyeberangan yang menyatu dengan tempat perbelanjaan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi menyebut setiap pemudik asal Sumatera yang akan menuju Jakarta melalui Pelabuhan Merak akan dilakukan tes bebas Covid-19 di Pelabuhan Bakauheni.

"Kalau untuk yang dari arah Lampung yang di Bakauheni itu, sudah final kita akan lakukan di sekitar Bakauheni," ujar Budi dalam konferensi pers virtual, Kamis (13/5/2021).

Menurut Budi, bagi mereka yang akan menuju ke Jakarta wajib membawa surat bebas Covid-19 berdasarkan rapid tes antigen.

"Jadi semua masyarakat yang nanti akan kembali ke Jakarta itu akan dilakukan pengetesan dengan menggunakan rapid test antigen," kata dia.

 

2 dari 3 halaman

Kembali dari Jawa Tengah dan Jatim

Bukan hanya pemudik yang kembali ke Jakarta dari Sumatera, bagi mereka yang kembali dari Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur juga diwajibkan memiliki surat keterangan bebas Covid-19. Dia menyebut, akan ada beberapa titik bagi pengguna sepeda motor maupun mobil melakukan tes bebas Covid-19.

"Untuk pengguna sepeda motor dari arah Jateng, Jabar, dan Jatim yang masuk ke Jakarta, saya mengusulkan ada beberapa tempat untuk dilakukan pengetesan nantinya. Yaitu di Karawang, di Jembatan Timbang Balonggandu, di sebelah kiri, Tegal Gubuk Susukan dari arah Palimanan ke Jatibarang, dan Indramayu ke Jatibarang," kata dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓