Dikunjungi 10 Ribu Orang, TMII Klaim Tetap Jalankan Protokol Kesehatan

Oleh Liputan6.com pada 13 Mei 2021, 20:33 WIB
Diperbarui 13 Mei 2021, 20:43 WIB
Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang tak luput dari tujuan destinasi masyarakat Ibu Kota yang merayakan Hari Raya Idul Fitri.
Perbesar
Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang tak luput dari tujuan destinasi masyarakat Ibu Kota yang merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa tempat wisata di DKI Jakarta tetap dibuka selama Lebaran. Seperti halnya Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang tak luput dari tujuan destinasi masyarakat Ibu Kota yang merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Pada hari pertama lebaran, pihak TMII mencatat sebanyak 10 ribu pengunjung untuk berwisata.

"Untuk pengunjung hari ini dari pagi sampai jam 3 tadi ya kita udah 10.000 ribu dari pagi," kata Kepala Bagian Humas TMII, Adi Widodo saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (13/5/2021).

Adi menjelaskan, dalam situasi normal kapasitas pengunjung TMII mencapai 60 ribu orang. Namun ditengah pandemi Covid-19 pengunjung hanya diperbolehkan sebesar 30 persen atau maksimal 18 ribu orang.

Walaupun demikian, kata Adi, pihaknya telah menyiapkan beberapa langkah untuk memastikan penerapan protokol kesehatan kepada para pengunjung. Salah satunya kata Adi, adalah pengaturan keluar masuk pengunjung agar tak melebihi kapasitas di TMII.

"Misal jam 3 kita sampai 18 ribu maka akan kita tutup akses masuk setelah berkurang yang di dalam akan kita buka kembali," tuturnya.

 

2 dari 3 halaman

Kerahkan 200 Petugas

Kemudian kata dia, pihanya mengerahkan 200 petugas dilokasi untuk memastikan penerapan prokes di masyarakat. Ia mengklaim langkah tersebut sudah efektif dilakukan.

"Jadi dengan jumlah pengunjung 10 ribu ya kita imbau jangan bergerombol karena areal kita masih cukup luas menikmati rekreasi," ucap Adi.

"Kalau lingkaran-lingkaran berjarak (seperti di Ragunan) kita tidak tapi kan kita ada tiker tiker satu keluarga pakai tiker, itu yang kita lakukan kepada rombongan keluarga lain," tambahnya.

Selain itu lanjut Adi, pihaknya juga memastikan pengunjung yang datang tidak memiliki gejala Covid-19. Jika ditemukan ada indikasi Covid-19 pihaknya tak segan untuk meminta pulang.

"Kalau syarat masuk 3M begitu masuk TMII harus lolos suhu, kalau tidak kita suruh puter balik, kemudian masker wajib, cuci tangan kita sediakan di beberapa area. Utama suhu kalau tidsk lolos kita putar balik," tuturnya.

Sedangkan berdasarkan pantaun merdeka.com dari lokasi pengungjung cukup tersebar di beberapa lokasi, mulai dari wahana permainan perahu air, rumah-rumah adat, maupun area Tugu Api Pancasila.

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait