Sukses

Kemenhub: 1,5 Juta Orang Keluar dari Jabodetabek hingga Hari Pertama Idul Fitri

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati menyebut sebanyak 1,5 juta orang terpantau keluar dari wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek) hingga hari pertama perayaan Idul Fitri 1442 H.

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati menyebut sebanyak 1,5 juta orang terpantau keluar dari wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek) hingga hari pertama perayaan Idul Fitri 1442 H.

"Dari pos monitoring, lebih dari 1,5 juta orang keluar dari Jabodetabek menuju Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan menuju Sumatera via Lampung. Khususnya perjalanan darat dan penyebrangan," ujar Adita dalam konferensi pers virtual, Kamis (13/5/2021).

Adita mengatakan, jumlah mobilitas masyarakat yang keluar dari Jabodetabek ini menurun di banding masa pengetatan mudik. Menurut dia, di masa peniadaan mudik ini, kebanyakan masyarakat sadar akan larangan mudik yang diberlakukan pemerintah.

"Dari catatan kami sampai 11 Mei 2021, tercatat di masa peniadaan mudik, penurunan aktivitas perjalanan menggunakan transportai umum sangat singifikan (dibanding masa pengetatan mudik)," kata dia.

Dia menyebut, untuk perjalanan darat menurun hingga sekitar 86 persen, penyebarangan laut 62 persen, kereta api 88 persen, dan perjalanan udara menurun hingga 93 persen.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mobilitas Naik Usai Lebaran

Menurutnya, berdasarkan hasil survei yang dia terima, mobilisasi masyarakat akan naik pada H+3 dan H+7 Idul Fitri. Yakni pada tanggal 16 Mei 2021 dan 20 Mei 2021.

Untuk mengantisipasi pergerakan masyarakat yang akan menuju Jabodetabek, Adita menyatakan akan meningkatkan tes Covid-19.

"Tentu menghadapi hal itu harus dilakukan langkah antisipasi, yaitu meningkatkan tes random kepada para pengguna angkutan jalan baik itu roda dua dan kendaran pribadi roda empat, yang pakai akses jalan tol, arteri, dan jalan-jalan kecil," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.