Sukses

Menhub Siapkan Antisipasi Peningkatan Perjalanan Masyarakat Usai Lebaran

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memprediksi akan terjadi peningkatan arus pergerakan masyarakat usai lebaran.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memprediksi akan terjadi peningkatan arus pergerakan masyarakat usai lebaran. Untuk itu, pemerintah menyiapkan sejumlah antisipasi dengan melakukan penyekatan secara konsisten. Serta mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan di hari yang sama.

"Ada preferensi masyarakat untuk melakukan pergerakan pada hari Minggu 16 Mei 2021. Untuk itu saya minta kepada masyarakat agar tidak melakukan perjalanan di tanggal yang sama, karena hari itu pasti ada suatu konsentrasi," kata Menhub Budi, Kamis (13/5/2021).

Untuk mengantisipasi hal itu, Menhub mengingatkan kepada para petugas di lapangan agar tetap mempertahankan konsistensi dalam bertugas. Yaitu melakukan penyekatan hingga masa peniadaan mudik selesai.

"Pengendalian transportasi di sektor darat tantangannya lebih besar dibandingkan sektor lainnya, karena potensi masyarakat yang ingin mudik di sektor darat ini tinggi sekali," ucapnya.

"Oleh karenanya effort yang dilakukan rekan-rekan petugas di lapangan baik dari TNI, Polri, Dishub, KKP, Satgas, dan unsur terkait lainnya adalah suatu hal yang luar biasa. Kesabaran para petugas dalam menangani masyarakat pengguna transportasi darat pun sudah dilakukan dengan baik," katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penurunan Pergerakan Masyarakat

Menhub mengapresiasi sinergi yang baik antar instansi terkait dalam rangka mensukseskan kebijakan peniadaan mudik tahun ini dalam rangka mencegah meningkatkan kasus positif Covid-19 di Indonesia usai masa libur Idul Fitri 1442 Hijriah 2021.

"Terima kasih kepada ketua DPR, Panglima TNI, Kapolri, Menkes, Ketua Satgas, telah hadir untuk melihat langsung penerapan pengendalian transportasi di masa peniadaan mudik. Karena dengan adanya sinergi antar Kementerian dan Lembaga ini memberikan satu warna yang baik dan kekompakan dalam menjalankan kebijakan ini," tutur Menhub.

Lebih lanjut, Menhub mengungkapkan, hingga hari ini atau hari ke-7 masa peniadaan mudik, telah terjadi penurunan pergerakan manusia yang signifikan di semua sektor baik di darat, laut, udara, dan kereta api. Yaitu sekitar 70-90 persen dibanding periode sebelum masa peniadaan mudik.

"Kami apresiasi masyarakat yang telah memahami maksud dan tujuan pemerintah melakukan peniadan mudik, sehingga akhirnya mengurungkan niat untuk melakukan perjalanan mudik tahun ini," ucap Menhub.

Reporter: Genan

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.