Jokowi: Selamat Idul Fitri, Semoga Jadi Momentum Menang Lawan Covid-19

Oleh Delvira Hutabarat pada 12 Mei 2021, 19:30 WIB
Diperbarui 12 Mei 2021, 19:39 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Perbesar
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan kita tidak boleh menyepelekan yang namanya COVID-19 dalam pernyataannya pada Minggu, 2 Mei 2021. (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Dia mengatakan, pada Lebaran 2021 ini, Indonesia masih harus berhadapan melawan pandemi Covid-19.

Karena itu, Jokowi meminta masyarakat bersabar untuk menahan diri tidak mudik.

"Kita juga masih harus bersabar dan menahan diri karena tidak bisa bersilaturahmi secara langsung, secara tatap muka dengan keluarga dan handai taulan. Memang hal itu sangatlah berat tetapi kita tidak punya pilihan, kita harus mengutamakan kesehatan dan keselamatan kita semua. Ya, kita semua, agar segera mungkin kita dapat terbebas dari pandemi," kata Jokowi lewat YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (12/5/2021).

"Dari Istana Kepresidenan Bogor, saya mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah. Mohon maaf lahir dan batin," sambung Jokowi.

Dia berharap, momentum Idul Fitri menjadi bagian kebangkitan bangsa melawan pandemi virus Corona.

"Semoga di hari kemenangan ini menjadi momentum bagi kita semua bangsa Indonesia untuk bangkit dan menang melawan pandemi Covid-19," ucap Jokowi.

Ibu Negara Iriana juga turut menyampaikan selamat Hari Raya Idul Fitri. "Saya juga mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin," ucap Iriana.

2 dari 3 halaman

Jokowi Akan Salat Idul Fitri di Istana Bogor

Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Perbesar
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan pernyataan terkait KRI Nanggala-402, Minggu, 25 April 2021 di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat. (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melaksanakan Shalat Idul Fitri 1442 Hijriah di Istana Bogor, pada Kamis (13/5/2021).

"Presiden rencananya shalat Id di Istana Bogor, dengan Ibu Negara dan keluarga. Pukul 07.00 WIB," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono pada wartawan, Rabu (12/5/2021).

Heru menyatakan, yang akan bertindak sebagai khatib pada salat id di Istana adalah dari internal istana. Namun Heru belum menyampaikan siapa yang akan menjadi khatib. "Khatib biasanya internal," katanya.

Sementara, Wakil Presiden KH Maruf Amin akan melaksanakan salat Idul Fitri 1442 Hijriah di Pendopo Kediaman Resmi Wapres.

"Salat direncanakan dimulai pada pukul 07.00 pagi dan diikuti oleh jemaah terbatas. Akan bertindak sebagai khatib tahun ini yaitu Ustaz Abdul Muiz Ali," kata Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Deliput Lebaran di Rumah Aja
Perbesar
Obrolan Lili dan Putra himbauan Lebaran di Rumah Aja
Lanjutkan Membaca ↓