Sukses

Menlu Retno: Indonesia Akan Terus Bersama Rakyat Palestina Perjuangkan Hak-haknya

Menlu menyampaikan Indonesia juga mengusulkan agar OKI dan GNB dapat segera melakukan pertemuan khusus membahas Palestina.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu) Retno Marsudi, menegaskan Indonesia akan terus mendukung perjuangan rakyat Palestina.

Menlu menyebut Presiden RI Joko Widodo telah menyampaikan bahwa tindakan Israel mengusir warga Palestina dari Syeikh Jabbar, Yerusalem Timur, dan menyerang warga sipil Palestina di Masjid Al Aqsa, merupakan tindakan yang tidak dapat dibiarkan.

“Bapak Presiden juga menyampaikan bahwa Indonesia mengutuk tindakan tersebut dan mendesak DK PBB untuk mengambil langkah nyata terhadap pelanggaran yang terus dilakukan oleh Israel,” kata Menlu dalam konpers daring, Rabu (12/5/2021).

Menlu menyampaikan Indonesia juga mengusulkan agar OKI dan GNB dapat segera melakukan pertemuan khusus membahas Palestina.

“Indonesia juga mengusulkan agar OKI dan GNB dapat segera melakukan pertemuan khusus untuk membahas masalah ini,” katanya

“Indonesia juga terus mendesak agar Dewan Keamanan PBB dapat mengambil langkah nyata menghentikan seluruh kekerasan dan menghadirkan keadilan dan perlindungan bagi Palestina. Sudah terlalu lama hak-hak bangsa dan rakyat Palestina digerogoti Israel. Indonesia akan terus bersama rakyat dan bangsa Palestina dalam memperjuangkan hak-haknya,” tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bantu Palestina

Menlu memastikan Indonesia akan terus berusaha membantu Palestina, salah satunya lewat Committee on the Exercise of the Inalienable Rights of the Palestine. Ia menyebut komite itu dibentuk tahun 1975 dan memiliki mandat memperjuangkan hak-hak Palestina.

“Indonesia adalah salah satu negara anggota Biro dan memangku jabatan Wakil Ketua dalam komite tersebut,” tandasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini