Sukses

Sidak ke Bandara Soekarno-Hatta, Kapolri Temukan Celah di Kedatangan Penumpang

Kapolri Listyo memerintahkan agar Kapolresta Bandara Soetta, menambah personel untuk ikut di dalam bus penjemputan hingga ke lokasi karantina.

Liputan6.com, Jakarta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyambangi Bandara Internasional Soekarno Hatta. Dia menemukan adanya celah yang bisa saja dilanggar penumpang yang baru tiba dari kedatangan luar negeri di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

Bersama dengan rombongan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Ketua DPR Puan Maharani dan sejumlah pejabat lain, Kapolri sempat melihat langsung alur kedatangan dalam dan luar negeri di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.

"Jadi khusus dari luar negeri, saya lihat masih ada satu celah. Rekan-rekan saya minta diperkuat," kata Kapolri Listyo seusai tinjauan di Terminal 3, Rabu (12/5/2021).

Celah tersebut, lanjutnya, yaitu pada saat kedatangan, kemudian pengecekan PCR. Listyo pun meminta ada personel kepolisian yang ditambah untuk pengecekan ulang dokumen sesuai dengan Surat Edaran yang berlaku.

Kemudian, pengecekan ulang kembali, khususnya pada saat setelah pengecekan suhu menggunakan termometer, bila didapati suhu di atas normal segera dilakukan swab antigen.

"Lalu pastikan mereka sudah vaksin atau belum, karena kalau mereka belum vaksin, ada kemungkinan mereka berpotensi jadi carier," kata Kapolri.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tambah Personel

Untuk memastikan agar penumpang kedatangan luar negeri baik WNA ataupun WNI sampai di lokasi karantina yang ditunjuk pemerintah, Kapolri memerintahkan agar Kapolresta Bandara Soetta, menambah personel untuk ikut di dalam bus penjemputan hingga ke lokasi karantina.

"Terkait proses karantina, tidak boleh ada yang lolos, di bus tadi, tolong ada petugasnya. Pada saat mereka start dr bandara sampai di hotel-hotel ditentukan, maka ada petugas yang di dalam," tutur Kapolri.

Kalaupun Polresta Bandara Soetta kekurangan personel, Kapolri meminta agar berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya atau Mabes Polri untuk penambahan personel.

Sehingga, pertebalan pengawasan orang asing ataupun WNI yang tiba di Indonesia dari luar negeri, bisa terpantau. Mulai dari alur kedatangan, sampai ke hotel karantina hingga mereka sudah diperbolehkan keluar dari karantina, semua sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.