Sukses

Puan Maharani: Rayakan Lebaran dengan Berbagi Pada yang Terdampak Pandemi Covid-19

Ketua DPR Puan Maharani mengajak masyarakat merayakan Idul Fitri dengan saling memaafkan dan berbagi pada sesama.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR Puan Maharani mengajak masyarakat merayakan Idul Fitri dengan saling memaafkan dan berbagi pada sesama. Menurut dia, Idul Fitri adalah momentum tepat utuk menguatkan solidaritas bangsa, saling membantu, khususnya pada masa pandemi Covid-19 ini.

“Merayakan Idul Fitri sambil berbagi kebahagiaan dengan saudara-saudara di sekeliling kita, terutama mereka yang terdampak pandemi,” kata Puan pada wartawan, Rabu (12/5/2021).

Puan menyampaikan hal itu setelah pemerintah menetapkan 1 Syawal 1442 H / 2021 M jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021.

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan, inilah tahun kedua umat muslim berlebaran di tengah pandemi Covid-19. Meski harus ada pembatasan-pembatasan dan kenormalan baru, namun menurut Puan, kesakralan dan berkah Idul Fitri tidak akan berkurang.

Puan juga mengingatkan kepada masyarakat yang mampu, untuk memenuhi kewajiban membayar zakat fitrah. Bagi Puan, zakat merupakan salah satu wujud solidaritas sosial.

“Semuanya menjadi modal sosial untuk bergotong royong memulihkan kehidupan social-ekonomi akibat pandemi Covid-19,” ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tunda Mudik

Selanjutnya, Puan berharap masyarakat menunda mudik demi kebaikan bersama dalam mencegah penyebaran Covid-19. Meski tidak mudik, silaturahmi dengan keluarga di kampung halaman tetap bisa dilakukan secara digital dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

“Kita jaga silaturahmi, saling memaafkan sebagai sesama anak bangsa dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” ungkap Puan.

“Semoga kita kembali fitri, setelah ditempa lahir dan batin selama bulan Ramadan. Sambutlah hari Lebaran dengan gembira,” tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.