Kapolda Metro Minta Warga Lolos Mudik Segera ke Polsek untuk Tes Swab Antigen

Oleh Ady Anugrahadi pada 11 Mei 2021, 14:45 WIB
Diperbarui 11 Mei 2021, 14:46 WIB
Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 massal di beberapa lokasi di Kampung Tangguh Jaya.
Perbesar
Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 massal di beberapa lokasi di Kampung Tangguh Jaya.

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya siap memfasilitasi pemudik yang ingin mengecek kondisi kesehatannya dari Covid-19. Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menerangkan, test swab antigen akan tersedia di Polres dan Polsek, Kodim serta Koramil.

"Nanti akan dilaksanakan swab antigen berbasis komunitas," kata dia di Polda Metro Jaya, Selasa (11/5/2021).

Menurut Fadil, Polri dan TNI berkomitmen mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki untuk meningkatkan pelaksanaan testing. Dia menugaskan Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk mendata masyarakat yang sudah mudik.

Fadil menyampaikan, pihaknya menginstruksikan polsek menyediakan layanan swab antigen gratis untuk masyarakat yang nekat mudik.

Instruksi yang sama juga diutarakan Pangdam Jaya kepada jajarannya agar seluruh Koramil membuka layanan swab antigen.

2 dari 3 halaman

Swab antigen mobile

FOTO: Tolak Diputarbalikkan, Pemudik Motor Matikan Kendaraan di Posko Penyekatan Kedungwaringin
Perbesar
Sejumlah pemudik motor mematikan kendaraannya di kawasan posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (10/5/2021). Sejumlah pemudik motor mematikan kendaraannya untuk menolak diputarbalikkan oleh petugas di posko penyekatan mudik. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

"Nanti akan kami siapkan swab antigen. Kami didistribusikan kepada seluruh Polres, Polsek, begitu juga dengan Kodim dan seluruh Koramil. Kami sepakat tadi bahwa nanti ada swab antigen mobile," ujar dia.

Fadil menyampaikan, TNI dan Polri harus berada di baris paling depan untuk mendukung kebijakan pemerintah agar pandemi Covid 19 bisa dapat dikendalikan dan meminimalisir dampaknya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓