Sukses

Jelang Lebaran, Wapres Ma'ruf Amin Minta Masyarakat Segera Membayar Zakat Fitrah

Ma'ruf menjelaskan dengan memberikan ZISWAF bermanfaat untuk kepentingan dalam jangka panjang.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta agar masyarakat segera menunaikan zakat, infaq, shadaqoh, dan wakaf (ZISWAF) jelang Hari Raya IdulFitri 1442H/2021. Dia menjelaskan pada masa pandemi Covid-19 ini banyak masyarakat yang membutuhkan hal tersebut.

"Di bulan Ramadan dan menjelang IdulFitri di tengah pandemi ini, banyak masyarakat yang sangat membutuhkan bantuan. Ini momentum yang tepat untuk kita mengeluarkan zakat, infaq, shadaqoh, dan wakaf (ZISWAF)," kata Ma'ruf dalam akun twitternya dikutip merdeka,com, Selasa (11/2/2021).

Ma'ruf menjelaskan dengan memberikan ZISWAF bermanfaat untuk kepentingan dalam jangka panjang. Sebab kata dia wakaf adalah harta abadi umat yang disiapkan untuk mengatasi berbagai hambatan dan kesulitan.

"Kepentingannya, tentu, untuk  kemaslahatan jangka panjang dalam rangka pemberdayaan umat, dan perbaikan umat. Karena wakaf itu harta abadi umat yang disiapkan untuk mengatasi berbagai hambatan dan  kesulitan hidup masyarakat," ungkapnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apa itu Zakat Fitrah ?

Zakat fitrah merupakan salah satu zakat yang diwajibkan, baik laki-laki maupun perempuan Muslim yang dilakukan pada bulan Ramadan menjelang Idulfitri. Hukum zakat fitrah ialah wajib. Hal ini sebagaimana Rasulullah SAW bersabda dalam salah satu hadits berikut, yang artinya:

"Rasulullah telah mewajibkan mengeluarkan Zakat Fitrah (pada bulan Ramadhan kepada setiap manusia)." (HR. Bukhari – Muslim).

Melansir dari NU Online, adapun macam-macam zakat fitrah menggunakan makanan atau kebutuhan pokok dari suatu wilayah terkait seperti beras, gandum, kurma, susu dan lain sebagainya. Menurut mayoritas pendapat ulama bahwa zakat fitrah di keluarkan dengan kadar ukuran 1 sha atau sekitar 2,5 sampai 3,0 kilogram.

Zakat fitrah juga memiliki keutamaan dan manfaat, salah satunya dapat menghilangkan kejelekan yang ada pada diri manusia. 

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Zakat fitrah adalah zakat diri yang diwajibkan atas umat muslim yang berkemampuan, sesuai dengan syarat-syarat yang ditetapkan.

    Zakat Fitrah

  • Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.
    Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.

    Ma'ruf Amin