Sukses

Soal Bipang Ambawang, Ngabalin: Setiap Pidato Presiden Telah Melalui Penelitian

Ngabalin mengatakan, naskah pidato yang akan dibaca oleh Presiden biasanya sudah melalui tahapan izin dari Kementerian Sekretariat Negara.

Liputan6.com, Jakarta Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin menilai tak ada yang salah dari pidato Presiden Jokowi yang memperkenalkan kuliner khas Kalimantan, Bipang Ambawang.

Dia mengatakan bahwa setiap materi pidato Presiden selalu melalui tahapan yang ketat, sebelum akhirnya keluar dari mulut Jokowi.

"Tidak mungkin ada satu pernyataan Presiden keluar tanpa melalui satu seleksi atau penelitian. Karena kalimat-kalimat dan diksi-diksi yang disampaikan oleh Bapak Presiden kan untuk kepentingan publik dan seluruh rakyat Indonesia," ujar Ngabalin saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (9/3/2021).

"Tidak gampang lho kalau sampe Presiden bisa ngomong itu berarti melalui satu tahapan seleksi yang luar biasa. Sampe Presiden ngomong lho itu," sambungnya.

Dia menjelaskan naskah pidato yang akan dibaca oleh Presiden biasanya sudah melalui tahapan izin dari Kementerian Sekretariat Negara. Ngabalin menuturkan tim komunikasi Presiden juga menelaah setiap kata, diksi, narasi yang ada di setiap pidato Jokowi.

"Kan tidak mungkin kami-kami ini tidak mengerti untuk satu teks itu dibaca oleh Bapak Presiden. Tidak gampang," ucapnya.

Menurut dia, tujuan pidato Jokowi yang memperkenalkan kuliner Indonesia yakni, untuk mendorong masyarakat berbelanja di UMKM. Pasalnya, UMKM merupakan salah satu satu sektor yang dinilai dapat kembali membangkitkan ekonomi nasional.

"Saya mau bilang, bahwa mari kita baca pelan-pelan. Kita dengar dengan pikiran dan hati yang baik dengan tetap punya positive thinking apa yang dimaksudkan oleh Bapak Presiden," jelas Ngabalin.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konteks Mudik Lebaran

Sebagai informasi, Bipang sendiri merupakan makanan yang bahan utamanya adalah daging babi muda. Karena cita rasanya yang khas, bipang akhirnya dikemas dan dijadikan makanan oleh-oleh di Pontianak.

Dalam video yang beredar, sebenarnya konteks utuhnya yaitu Presiden Jokowi mengajak masyarakat untuk tidak mudik. Jika rindu akan makanan kampung halaman, Jokowi mengajak masyarakat untuk membelinya secara online dan bisa dijadikan sebagai bingkisan lebaran.

Tidak hanya Bipang Ambawang, Jokowi juga menyebutkan Gudeng Jogja, Bandeng Semarang, Siomay Bandung, Pempek Palembang, dan berbagai kuliner nusantara lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.