Cek Larangan Mudik di 3 Provinsi, Puan Maharani: Kami Ingin Ada Evaluasi

Oleh Delvira Hutabarat pada 09 Mei 2021, 08:35 WIB
Diperbarui 09 Mei 2021, 08:35 WIB
Gerakan Satu Juta Sajadah Pelindung COVID-19
Perbesar
Ketua DPR Puan Maharani memberikat sambutan dalam acara peluncuran "Gerakan Nasional Mengisi Masjid dengan 1 Juta Sajadah Pelindung COVID-19" di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (11/3/2021). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPR RI Puan Maharani akan meninjau pelaksanaan larangan mudik jelang Lebaran di tiga provinsi, yakni Lampung, Banten, dan Jawa Tengah.

Nantinya, dia bersama Ditlantas Polda setiap daerah akan mengecek posko penyekatan kendaraan.

"Kami ingin ada evaluasi berdasarkan pelaksanaan kebijakaan tiga hari terakhir," kata Puan, Minggu (9/5/2021).

Nantinya di Lampung, politisi PDIP ini akan meninjau Pelabuhan Bakauheni. Kemudian diteruskan sampai ke Pelabuhan Merak, Banten.

Setelah dari sana, dia akan terbang menggunakan helikopter untuk menuju Brebes, meninjau penyekatan bagi masyarakat yang ingin mudik di Tol Pejagan.

"Efektivitas peniadaan mudik pada Lebaran tahun ini hanya bisa dicapai dengan kebersamaan dan kedisiplinan semua pihak," tutur Puan.

Menurutnya, pelarangan mudik dilakukan untuk kebaikan semua pihak agar terhindar dari penyebaran Covid-19.

"Mari kita menunda mudik demi kebaikan bersama," kata Puan.

 

2 dari 3 halaman

Butuh Konsistensi

Puan juga mengingatkan, lancarnya dalam menerapkan kebijakan pelarangan mudik bukan hanya tugas pemerintah daerah semata. Tetapi juga dibutuhkan kesadaran masyarakat sendiri.

"Butuh konsistensi untuk melaksanakan aturan pelarangan mudik sampai arus balik. Pemda ikut membantu program ini, terutama memantau dan tracking pemudik yang pulang sebelum ada aturan pelarangan agar tidak ada penyebaran virus Covid-19," kata dia.

Diketahui, ini kali kedua Puan mengecek kebijakan pelarangan mudik. Sebelumnya, dia sempat turun di beberapa titik di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓