Dirjen Imigrasi: 157 WNA dari China yang Masuk Indonesia Lolos Pemeriksaan Kesehatan

Oleh Nanda Perdana Putra pada 08 Mei 2021, 20:32 WIB
Diperbarui 08 Mei 2021, 20:32 WIB
FOTO: Bandara Soetta Setop Penerbangan Penumpang Mulai Hari Ini
Perbesar
Calon penumpang mengenakan alat pelindung diri saat berada di Terminal 2F Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/4/2020). Pemerintah menghentikan sementara penerbangan komersil baik dalam maupun luar negeri untuk mencegah penyebaran COVID-19. (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta - 157 warga negara asing dari China tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta. Dirjen Imigrasi Jhoni Ginting menyampaikan, seluruh WNA itu sudah lolos pemeriksaan kesehatan, khususnya terkait Covid-19.

Oleh karena itu, mereka dapat melanjutkan maksud dan tujuannya.

"Sebelum dilakukan pemeriksaan keimigrasian, seluruh penumpang telah mendapatkan rekomendasi atau clearance oleh pihak KKP Kementerian Kesehatan," tutur Jhoni dalam keterangannya soal WNA asal China itu, Jakarta, Sabtu (8/5/2021).

Menurut dia, pihaknya tidak akan memberikan izin masuk ke warga negara asing apabila tidak mengantongi rekomendasi tersebut. Termasuk WNA dari China.

"Petugas Imigrasi tidak akan memberikan izin masuk jika para penumpang tidak lulus pemeriksaan kesehatan sesuai protokol kedatangan orang dari luar negeri yang telah ditentukan oleh Satgas Penanganan Covid-19," jelas Jhoni.

 

2 dari 3 halaman

Untuk Bekerja

Terlebih, lanjut Jhoni, kedatangan ratusan WN China itu ke Indonesia bukan dalam rangka wisata atau kunjungan keluarga. Namun seluruhnya terkait dengan pekerjaan.

"Seluruh WNA telah memenuhi aturan keimigrasian dengan jenis visa dan kegiatan yang sesuai dengan Peraturan Menkumham Nomor 26 Tahun 2020 yaitu untuk kegiatan bekerja, bukan untuk kunjungan wisata," Jhoni menandaskan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓