Sukses

Peringatan Hari Palang Merah Sedunia, JK: Hadapi Pandemi Covid-19 dengan Kebersamaan

Ketua Umum Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla (JK) meminta relawan PMI terus menggalang partisipasi masyarakat umum dalam penanggulangan dan pencegahan Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla (JK) meminta relawan PMI terus menggalang partisipasi masyarakat umum dalam penanggulangan dan pencegahan Covid-19.

Hal itu disampaikannya saat memperingati Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Sedunia.

"Kita menghadapi situasi yang multi-kompleks, krisis kesehatan dan ekonomi akibat pandemi. Dengan kebersamaan kita dapat menyelesaikan ini (pandemi)," kata JK dalam keterangan tertulis, Sabtu (8/5/2021).

JK mengatakan, relawan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah di seluruh dunia berkolaborasi dengan pemerintah dan masyarakat untuk menanggulangi pandemi Covid-19.

Di Indonesia sendiri, PMI terlibat dalam banyak aksi penanggulangan pandemi yang berkelanjutan seperti melakukan disinfeksi di beberapa wilayah zona merah. Menurut catatan sudah 55 juta kali dilakukan oleh PMI sejak awal pandemi.

"Dalam hal menangani Covid-19, Palang Merah Indonesia sudah melakukan banyak hal, mulai dari disinfeksi, gerakannya luar biasa di seluruh Indonesia. Kami juga memitigasi dengan cara sosialisasi covid-19 kepada seluruh masyarakat. Kami juga menyalurkan bantuan apd, sembako, dan sebagainya kepada masyarakat," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gandeng Relawan

Sementara PMI juga menggandeng relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) untuk mengajak masyarakat melakukan disinfeksi mandiri di rumah serta melakukan pola hidup sehat. Sibat juga membantu petugas kesehatan mengevakuasi pasien aktif maupun jenazah pasien covid-19.

JK berharap peringatan internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah juga diharapkan dapat meneguhkan kembali prinsip-prinsip gerakan kepalangmerahan, khususnya saat pandemi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • PMI