Sukses

Jurus Polres Bekasi Antisipasi Peningkatan Kriminalitas Jelang Lebaran

Kombes Pol Hendra Gunawan mengatakan, pihaknya akan fokus di permukiman penduduk yang kerap menjadi incaran para penjahat yang memanfaatkan momen mudik Lebaran.

Liputan6.com, Bekasi - Demi mengantisipasi angka kriminalitas yang cenderung meningkat jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, Polres Metro Bekasi bakal rutin melakukan patroli di wilayah permukiman penduduk.

"Mendekati Lebaran mempunyai kerawanan yang cukup tinggi, maka kami akan meningkatkan patroli," kata Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Hendra Gunawan, Jumat (7/5/2021). 

Giat patroli, kata dia, akan difokuskan di permukiman penduduk yang kerap menjadi incaran para penjahat yang memanfaatkan momen mudik.

"Untuk kriminalitas memang sudah ada kalender Kamtibmas kita. Dan kita akan lakukan kegiatan pencegahan, kemudian kegiatan refresif dan TMT untuk pencegahan," ujar Hendra.

Hendra mengaku pihaknya juga bekerjasama dengan pengurus RT/RW dan petugas keamanan setempat untuk memaksimalkan penjagaan dan pengawasan selama patroli.

"Karena potensi kriminal masih di permukiman. Warga yang meninggalkan rumah apalagi, meninggalkannya kucing-kucingan pastinya, penjagaan lemah," paparnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kejahatan di Jalan Meningkat

Tak hanya permukiman, sambung Hendra, kejahatan di jalan-jalan juga kerap mengalami peningkatan jelang Lebaran. Karenanya ia mengimbau agar masyarakat selalu waspada dan berhati-hati bila sedang bepergian.

"Untuk warga masyarakat, saya berpesan agar jangan memancing kejahatan dengan menggunakan perhiasan dan membawa uang berlebihan," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.