Sukses

Warga India Positif Covid-19 Varian B1617 Masih Dirawat di RSPI Sulianti Saroso

Hingga kini, ada tiga varian Covid-19 yang telah ditemukan di Indonesia yakni, B1617 dari India, B117 dari Inggris, dan B1315 dari Afrika Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, warga negara asing (WNA) asal India yang membawa kasus varian B1617 ke Indonesia saat ini masih menjalani isolasi di RSPI Sulianti Saroso Jakarta. Menurut dia, warga India tersebut dalam kondisi stabil.

"Berdasarkan keterangan dari Kementerian Kesehatan, WN asal India yang terinfeksi Covid-19 varian B1617 berada dalam kondisi stabil, sehat, dan dirawat di Rumah Sakit Sulianti Saroso," kata Wiku dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (6/5/2021).

Hingga kini, ada tiga varian virus Corona yang telah ditemukan di Indonesia yakni, B1617 dari India, B117 dari Inggris, dan B1315 dari Afrika Selatan. Untuk itu, masyarakat diminta mematuhi protokol kesehatan dengan ketat agar tak terpapar mutasi virus corona.

"Untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19, saya meminta kepada masyarakat untuk dapat mematuhi protokol kesehatan dalam setiap aktivitas yang dilakukan," ujar Wiku.

Pemerintah, kata dia, juga telah memperketat pintu masuk bagi WNA yang hendak masuk ke Indonesia. Hal ini untuk mencegah masuknya varian Covid-19.

"Selain itu, untuk mengantisipasi masuknya varian Covid-19 dari luar Indonesia, pemerintah memperketat pengawasan di pintu masuk di wilayah Indonesia," ucapnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sebaran kasus varian virus Corona baru

Sebelumnya, Juru Bicara Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Siti Nadia Tarmiz menyebut, sebaran kasus varian virus Corona baru di Indonesia per 4 April 2021. Adapun varian jenis B1617 dari India, ada di Kepulauan Riau 1 kasus, dan DKI Jakarta 1 kasus.

Kemudian ada juga varian B117 asal Inggris yang ada di Sumatera Utara 2 kasus, Sumatera Selatan 1 kasus, Banten 1 kasus, Jawa Barat 5 kasus, Jawa Timur 1 kasus, Bali 1 kasus, Kalimantan Timur 1 kasus. Sementara itu, varian B1351 asal Afrika Selatan ada di Bali 1 kasus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.